Sukses

5 Trik Membuat Diri Sendiri Senang Menghemat Uang

Liputan6.com, Jakarta Memang agak sulit untuk menabung dibanding membelanjakan uang bukan. Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk bisa memisahkan uang untuk menabung, dan menjauhkan godaan dari belanja. 

Sebagian mungkin berpikir, akan menggunakan uang tersebut saat ini juga untuk berbelanja, namun ternyata itu salah besar.

Anda perlu mempersiapkan dana atau tabungan untuk masa depan, agar ketika memasuki masa pensiun tak khawatir tak memiliki uang karena sebelumnya sudah menabung. 

Jadi bagaimana Anda bisa mengalahkan rasa kesulitan menabung?

Berikut adalah 5 cara membuat pribadi senang atau gemar menabung atau menghemat uang dilansir dari laman Freemalaysiatoday, Rabu (26/5/2020)

1. Tetapkan tujuan

Salah satu cara terbaik untuk membuat berada di jalur yang benar adalah dengan mengingatkan diri sendiri tentang tujuan utama.

Ini karena tujuan yang berfungsi sebagai motivasi untuk menghadapi kesulitan di sepanjang jalan. 

Mengapa Anda menghabiskan waktu berjam-jam mempelajari subjek yang tidak disukai di sekolah atau kuliah?

Karena Anda memiliki tujuan untuk lulus dari subjek itu untuk mencapai tujuan utama menyelesaikan studi. 

Mengapa tidak menggunakan strategi yang sama dalam hal menabung? Tanyakan pada diri sendiri, "Mengapa saya menabung?" 

Sementara kebanyakan orang menabung sehingga mereka akhirnya merasa aman ketika mereka pensiun, banyak yang benar-benar merasa sulit membayangkan diri menjadi tua, menetap, dan pensiun. 

Itulah sebabnya mungkin akan membantu jika Anda menetapkan strategi ini untuk diri sendiri yang menjadi tonggak pencapaian menuju sasaran besar.

Mulailah mencoba untuk tidak banyak berbelanja hal-hal kecil yang kurang penting, sehingga akan lebih berhemat. 

Selain itu, tetapkan tujuan atau keinginan menabung. Awal menabung memang mudah, namun yang paling berat saat Anda berada di tengah perjalanan dalam menabung.

Usahakan untuk terus ingat dengan tujuan awal Anda menabung sehingga bisa terus termotivasi. 

 

2 dari 3 halaman

2. Berikan Diri Sendiri Hadiah

Untuk mengintensifkan motivasi dan perasaan puas setelah mencapai tujuan Anda, hadiahi diri Anda sendiri.

Ya, memang tidak salah untuk memanjakan diri, tetapi juga salah jika tiba-tiba Anda  mencabut hak sendiri. 

Ketika Anda tidak menghargai diri sendiri ketika jatuh tempo, Anda akan merasa tidak termotivasi, dan akan mudah bosan dengan apa yang Anda lakukan.

Perampasan diri tidak memberikan kondisi pikiran yang baik untuk bekerja dan malah membentuk kebiasaan yang buruk. 

Memberi sesuatu, terutama ketika jatuh tempo, bukanlah egois, faktanya ini adalah psikologi dasar, khususnya pengkondisian klasik.

Ketika mengkondisikan diri untuk mendapatkan sesuatu yang jadi keinginan setelah mengerahkan kerja keras, bekerja keras pada akhirnya menjadi kebiasaan. 

Jadi, lanjutkan dan manjakan keinginan Anda dari waktu ke waktu. Buat penghargaan seperti itu sebagai pengingat konstan bahwa kerja keras terbayar. Pastikan untuk tidak berlebihan dan Anda tetap pada anggaran. 

3. Gunakan aplikasi hemat uang

Satu hal yang membuatnya sulit untuk diselamatkan adalah bagian penganggaran. Namun, penganggaran adalah salah satu hal paling penting yang harus Anda lakukan jika Anda ingin menghemat jumlah yang signifikan.

Ketika tidak memiliki anggaran, Anda pada akhirnya menghabiskan untuk hal-hal yang tidak perlu yang pada akhirnya akan membuat Anda bertanya-tanya, "Ke mana semua uang saya pergi?" 

Berita baiknya adalah, hari ini, tidak perlu menggunakan pena, kertas, dan kalkulator untuk membuat anggaran dengan benar.

Teknologi telah membuat banyak hal lebih mudah dan lebih cepat bagi Anda. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu dengan kebutuhan anggaran, dan yang lebih baik adalah banyak dari mereka dapat diunduh secara gratis melalui smartphone.

Dengan beberapa ketukan, cepat dan sederhana dapat memiliki daftar anggaran yang terorganisir. 

Pastikan untuk memperbaruinya secara teratur dan sertakan semuanya termasuk penghasilan, pengeluaran, dan lain sebagainya, dan siap mengatur anggaran Anda!

Dengan aplikasi semacam itu, Anda dapat melihat ke mana semua uang Anda mengalir. 

 

3 dari 3 halaman

4. Saat Anda bisa membuat DIY, lakukanlah

Jika Anda senang terhadap seni, maka lakukanlah dan coba hal-hal yang berbeda, Anda dapat menambahkan lebih banyak ke tabungan Anda dengan melakukannya sendiri alih-alih membeli. 

Tidak punya cukup uang untuk membeli peralatan rumah seperti lemari pakaian atau gelas, alat menyimpan  make up atau yang lainnya, bisa mulai berpikir kreatif, misalnya membutuhkan alat untuk menyimpan make up, bisa membuat dari bekas botol minuman sekali pakai, dan bisa menghiasnya sehingga tidak terlihat seperti botol bekas. 

Kuncinya adalah pikirkan sesuatu hal sederhana. Yang hebat tentang DIY adalah bagaimana Anda dapat menyesuaikan hal-hal sesuai dengan keinginan.

Kemungkinannya tidak terbatas. Anda bisa mencari referensi dari Youtube, atau google tentang cara-cara membuat barang-barang bekas menjadi beruna kembali. sehingga Anda bisa menghemat lebih banyak uang. 

5. Terorganisir

Bagi yang suka menggunakan perencanaan, gunakan untuk menuai keuntungan. Alih-alih menulis rencana anggaran yang membosankan di kertas putih biasa, mengapa tidak membumbui dengan membuat perencana atau jurnal yang penuh warna di mana Anda dapat membuat daftar tujuan, pengeluaran, dan masalah keuangan lainnya. Dengan cara ini, Anda akan melakukan sesuatu yang Anda cintai sementara pada saat yang sama, melakukan sendiri bantuan finansial yang besar.