Sukses

Jago Digital Marketing, Jajal Bisnis Ini agar Cuan Mengalir Deras

Liputan6.com, Jakarta Meski ekonomi Indonesia sedang terpuruk akibat wabah virus corona, pasti ada celah bisnis atau peluang karier yang masih terbuka lebar. Ya, salah satunya di bidang digital marketing.

Digital marketing dapat diartikan strategi atau cara pemasaran produk atau jasa menggunakan teknologi digital. Berbasis internet, seperti memakai platform media sosial Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, dan lain sebagainya.

Aktivitas digital marketing semakin populer seiring dengan meningkatnya penggunaan teknologi. Perusahaan mulai beralih ke digital marketing sebagai salah satu metode penjualan untuk membidik target sasaran yang dituju. Biasanya kaum milenial.

Lebih cepat, mudah, murah, dan masif. Jika kamu punya keahlian atau hobi menekuni bidang digital marketing, coba deh untuk menggali cuan. Lumayan kan buat penghasilan tambahan, mengisi tabungan atau dana darurat saat masa-masa sulit seperti sekarang ini.

Berikut pekerjaan maupun peluang bisnis yang dapat mendatangkan banyak uang, khususnya di bidang digital marketing, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Digital Printing

Bisnis digital printing dewasa ini bisa dibilang kekinian mengikuti kebutuhan banyak perusahaan untuk menjual barang dan jasa yang diproduksinya. Menggunakan media promosi yang enak dilihat dan mampu menarik perhatian masyarakat untuk membeli.

Bentuk dari produk digital printing pun beragam, mulai dari merchandise berupa mug, pulpen, tas, gantungan kunci, baju, jam dinding, dan sebagainya.

Sampai media promosi seperti banner, standing banner, x banner, dan lainnya. Belum lagi banyaknya permintaan custom untuk pesanan terbatas.

Tak perlu khawatir terhadap pangsa pasar yang dituju, seperti tak ada matinya. Berbagai kalangan membutuhkan jasa digital printing, seperti individu, lembaga, perusahaan, institusi, maupun komunitas.

Kalau kamu jago desain, tak ada salahnya menjajal peruntungan di bisnis ini. Memang sih modal yang dibutuhkan cukup besar, bisa mencapai ratusan juta rupiah karena harga mesin digital printing dan printer khususnya saja dibanderol puluhan juta rupiah. Modal kan bisa dicari, tapi kesempatan tidak akan pernah datang dua kali.

2. Design Graphic

Hobi mendesain dan punya keterampilan menggambar di aplikasi komputer? Mengapa tidak bekerja sampingan menjadi freelance design graphic? Kamu bisa menerima pesanan pembuatan poster, logo bisnis, tampilan website bisnis, banner, dan peluang lainnya.

Tidak perlu modal besar untuk bisnis design graphic, cukup mengandalkan laptop dan printer kamu saat bekerja. Soal permintaan pasarnya, jangan ditanya. Cukup tinggi dengan grafik peningkatan setiap tahun. Betul-betul peluang bisnis jangka panjang menjanjikan.

 

2 dari 3 halaman

3. Fotografer

Di era saat ini, kebutuhan foto akan semakin mendesak untuk keperluan berbagai acara. Mulai dari pra wedding, resepsi pernikahan, pesta ulang tahun, wisuda, acara kantor, atau acara lainnya.

Jika hobi fotografi kamu didukung dengan kemampuan memotret dan editing foto yang baik, bisnis ini bisa laku keras. Mulailah dengan menawarkan jasa fotografimu kepada teman-teman dekat.

Perlahan tapi pasti, dari mulut ke mulut akan menyebar. Kamu juga bisa memasarkan jasamu via media sosial. Dengan bermodal kamera DLSR sudah cukup kok.

4. Penulis Konten Digital maupun e-Book

Kamu jago menulis? Tuangkan dalam sebuah karya yang bisa menginspirasi banyak orang. Menulis di website, blog, portal berita, maupun buku elektronik (e-Book).

Pilih artikel dengan topik yang sesuai minat maupun melihat isu yang sedang berkembang akhir-akhir ini. Mainkan kreativitasmu dalam menulis.

Buat tulisan menarik, nyambung, mengalir, dan enak dibaca. Tidak melulu harus menggunakan bahasa baku. Suka-suka kamu saja, sesuaikan dengan target pembaca.

Jika banyak orang yang membaca, trafik pengunjung di website maupun blog besar, dan dapat mendatangkan pundi-pundi uang. Ada saja perusahaan atau pihak lain yang ingin beriklan di website atau blogmu karena kamu punya banyak basis pembaca setia. 

5. Pengajar Online

Dewasa ini, banyak situs belajar online bermunculan. Bimbingan belajar (bimbel) lebih praktis dan ekonomis. Tinggal pakai kuota internet untuk mengakses situs tersebut, siswa sudah bisa mendapatkan pembelajaran secara online dengan harga terjangkau.

Atau kamu bisa menjadi pengajar online secara mandiri. Membuta les privat online. Selain minim biaya, kamu juga bisa aktivitas mengajar ini dengan leluasa tanpa harus terikat jam kerja.

 

3 dari 3 halaman

6. Konsultan SEO

Dalam dunia digital marketing, ada yang dinamakan kemampuan SEO (Search Engine Optimization). Perusahaan rela membayar mahal agar nama perusahaan, produk atau jasa yang dijualnya dapat berada di urutan teratas mesin pencari.

Dengan begitu, akan mendatangkan banyak pengunjung website. Pengunjung mampir untuk melihat produk atau jasa yang ditawarkan. Kemudian menarik untuk membeli atau menggunakannya.

Jika kamu mahir SEO, buka saja bisnis jasa konsultan SEO. Peluang usaha ini sangat menguntungkan dan menjanjikan, serta memiliki prospek cerah untuk dikembangkan. 

7. Jadi YouTuber, Selebgram, dan Influencer

Mungkin profesi ini sekarang jadi idaman milenial. Dulu, anak-anak ditanya kalau sudah besar mau jadi apa? Jawabnya polisi, dokter, insinyur, dan lainnya. Tapi sekarang, maunya jadi youtuber, selebgram, atau influencer.

Memang sih tinggal nyiapin konten-konten menarik tanpa batasan waktu, bisa menghasilkan penghasilan lumayan besar. Modalnya cuma media sosial, YouTube maupun Instagram, ponsel, dan subscriber atau follower.

Kalau kamu konsisten menyuguhkan konten unik dan menarik, pasti dengan sendirinya subscriber dan follower akan mengikuti.

Dengan begitu, sejumlah tawaran iklan, endorse akan berdatangan dari perusahaan. Itu bisa jadi penghasilan buat kamu. Gak main-main, di Instagram saja, sekali posting dari jutaan rupiah sampai ratusan juta rupiah, seperti para artis yang punya banyak follower.

Jeli Melihat Peluang

Dalam situasi dan kondisi ekonomi morat marit seperti sekarang ini, kamu harus jeli melihat setiap peluang yang ada. Tak perlu ikut-ikutan tren atau mengekor orang lain. Jual keterampilan dan keahlianmu untuk mengantongi penghasilan lebih besar.