Sukses

Salut, Miliarder Indonesia Bahu-Membahu Galang Dana Buat Tangani Corona

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerima bantuan secara simbolis dari sejumlah miliarder Indonesia untuk menangani penyebaran Virus Corona. Bantuan yang diterima berupa uang tunai, alat pelindung diri (APD), hingga ventilator.

Salah satu pihak yang memberikan bantuan adalah founder dan Chairman Barito Pacific Group Prajogo Pangestu. Dengan besaran bantuan uang tunai sebesar Rp 10 miliar. Selain itu ada juga PT Bakrie & Brothers Tbk yang menyumbang sebesar Rp 5 miliar.

"Bakrie Brothers berupa cash Rp 5 miliar ada Pak Anindya Bakrie, lalu dari Bapak Prajogo ada Rp 10 miliar," ujar Erick saat memberikan keterangan pers di Jakarta, Selasa (7/4/2020).

Erick mengatakan, hingga kini ada 65 rumah sakit BUMN. Di antaranya, sebanyak 35 rumah sakit telah disiapkan untuk menangani pasien virus Corona. Selain menyediakan rumah sakit, BUMN juga ikut dalam penanganan pasien Virus Corona di Wisma Atlet.

"Kami pasti memerlukan segala upaya ini semua tersedia, ventilator yang sangat susah, APD, obat dan lain-lain. Tapi, percayalah temen-temen swasta, atau kementerian yang lain sangat membantu," jelasnya.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Relawan Indonesia Bersatu

Sebagai bentuk kepedulian atas kondisi pandemi wabah Covid-19 di Indonesia, Relawan Indonesia Bersatu yang diinisiasi oleh pengusaha nasional Garibaldi Thohir juga beraksi dengan memberikan bantuan kebutuhan untuk mendukung pemerintah menanggulangi wabah ini.

Donasi yang diberikan berupa 15 ventilator dari PT Cikarang Listrindo Tbk dan 3.250 Hazmat (pakaian pelidung diri petugas kesehatan) diserahkan oleh Ketua Relawan Indonesia Bersatu Vica Vayera kepada Menteri Thohir.

"Alhamdulillah semua pihak bergerak bersama dalam upaya menanggulangi wabah Covid-19. Bantuan dari para donatur ini tentu sangat membantu kita Pemerintah, BUMN, Gugus Tugas dan seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

"Harapannya bantuan dari berbagai pihak terus bertambah agar dapat membantu penanganan Covid-19. Saya haturkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya bagi para donatur yang telah berpartisipasi, bantuan kalian semakin menyemangati kami untuk terus berjuang melawan wabah ini," sambungnya.

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Vica Vayera mengatakan bahwa relawan Indonesia Bersatu merupakan aksi sosial yang didonasikan oleh 16 yayasan dan perusahaan nasional yang berkomitmen untuk mendukung pemerintah melawan Covid-19.

"Donasi sejumlah total 15 ventilator dari PT Cikarang Listrindo Tbk dan 3.250 Hazmat sebagian akan dialokasikan ke Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP) Jakarta Selatan," jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

16 Yayasan

16 yayasan dan perusahaan nasional yang bergabung dalam Relawan Indonesia Bersatu adalah Yayasan Wahana Artha, Wahana Artha Group, PT Adaro Energy Tbk, MSJ, PT Cikarang Listrindo Tbk, Northstar, BFI Finance, Triputra Group, Persada Capital Investama, PT Panca Amara Utama, PT Surya Esa Perkasa Tbk, Rock Pool, CBS Holdings, PT. Impack Pratama Industri Tbk, dan Altira.

Seluruh donatur berkomitmen untuk memberikan dukungan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia. Tidak hanya kali ini, ke depan Relawan Indonesia Bersatu juga berencana akan memberikan donasi dalam beberapa tahapan.

“Komitmen kami dari Relawan Indonesia Berasatu adalah untuk dapat memberikan donasi dalam beberapa tahap. Ini merupakan wujud kontribusi kami dalam membantu dan mendukung Indonesia agar dapat segera melalui pandemi ini," tandas Vica.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com