Sukses

5 Tips Mudah Berhemat Saat Berbelanja

Liputan6.com, Jakarta Ada sensasi tertentu yang didapatkan ketika bisa memanjakan diri dengan pakaian baru, membeli barang-barang atau makanan kesukaan. Rasanya seperti hadiah yang layak.

Meskipun berbelanja mungkin tampak benar-benar tidak berbahaya, tapi belanja dapat merusak anggaran yang Anda miliki.

Berikut adalah 5 cara untuk menghemat uang saat berikutnya Anda berbelanja, dilansir dari laman Americasaves, Jumat (3/4/2020).

1. Tinggalkan kartu debit atau kredit di rumah

Membiarkan kartu debit atau kredit di rumah membatasi kemampuan untuk menggunakan uang. Sebelum pergi ke toko, putuskan dengan tepat berapa banyak uang yang direncanakan untuk dihabiskan atau diambil dari kartu debit dalam bentuk tunai.

Dengan cara ini, Anda tidak akan dapat melampaui anggaran, bahkan jika ada sesuatu yang menarik perhatian.

2. Buat daftar

Membuat daftar, dan memeriksanya dua kali, membantu tetap di jalur untuk hanya membeli apa yang jadi kebutuhan. Jika ada pengalaman pernah membeli barang tetapi yang dibeli justru produk yang lain, dengan membuat daftar belanja yang efektif adalah cara yang bagus untuk mencegah hal itu terjadi.

Lebih teliti dan penuh perhatian saat memikirkan apa yang jadi kebutuhan sehingga dapat mengikuti yang benar-benar jadi kebutuhan.

Jika pergi berbelanja, akan sangat membantu untuk memvisualisasikan diri, berjalan menyusuri lorong-lorong untuk mendapatkan perasaan yang lebih baik tentang apa yang jadi kebutuhan.

 

 

2 dari 2 halaman

3. Cari tahu barang Diskon

 

Dengan memiliki daftar di tangan, langsung menuju ke bagian informasi ketika sampai di toko. Saat menjadikan bagian informasi sebagai perhentian pertama, di sana dapat melihat item mana yang bisa dihemat.

Ingatlah bahwa membeli sesuatu yang dijual tidak menghemat uang jika Anda tidak membutuhkannya sejak awal. Tetap pada daftar belanja.

4. Cek Perbandingan harga

Trik ini sangat membantu ketika melakukan pembelian seperti barang elektronik atau furnitur yang berharga mahal  Misalnya, saat mencari TV baru, dapat mulai dengan memilih mana yang jadi keinginan.

Kemudian Anda dapat mencari di web atau berbagai toko yang membawa barang yang Anda cari. Buat daftar harga yang Anda temui dan pilih yang termurah! Anda bisa menghemat besar dengan membandingkan harga.

5. Ingatlah selalu tujuan simpanan

Jika Anda berencana untuk membeli mobil dalam waktu dekat atau ingin membuat rekening tabungan darurat, ingatlah itu saat berbelanja. Ini akan membantu lebih berhati-hati dengan pengeluaran.

Tanyakan kepada diri sendiri, "Apakah saya benar-benar membutuhkan ini?" atau "Apakah menghabiskan sebanyak ini akan membantu saya mencapai tujuan saya?" sebelum berbelanja.

Anda bahkan dapat menulis pertanyaan-pertanyaan itu di kartu kredit Anda dengan selembar pengingat! Biasanya, jawabannya adalah tidak dan Anda akan bisa lolos dari pembelian yang tidak perlu.