Sukses

Angkutan Motor Gratis Mudik Lebaran Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

Masa pengangkutan motor gratis dengan KA dilaksanakan selama 13 hari yang terbagi menjadi 2 periode.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perkeretaapian kembali menyelenggarakan Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan Kereta Api pada masa Lebaran 2020.

"Sesuai dengan kalender, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran jatuh pada tanggal 24-25 Mei 2020, sehingga asumsi Masa Angkutan Lebaran Tahun 2020 dilakukan pada tanggal 14 Mei 2020 hingga tanggal 4 Juni 2020," papar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Danto Restyawan.

Sedangkan, masa pengangkutan motor gratis dengan KA dilaksanakan selama 13 hari yang terbagi menjadi 2 periode, yaitu arus mudik pada tanggal 16 hingga 22 Mei 2020 (7 hari) sedangkan arus balik pada tanggal 27 Mei hingga 1 Juni 2020 (6 hari), dimana untuk kegiatan pendaftaran telah dilaksanakan sejak 26 Februari 2020 (80 hari sebelumnya) lalu.

Kapasitas angkut kereta motis per hari adalah 504 (lintas utara), 464 (lintas selatan I), 504 (lintas selatan II) atau sejumlah1.472 motor dari total ketiga lintas tersebut, per hari.

Sehingga kapasitas angkutan motor gratis tahun anggaran 2020 selama 13 hari untuk 1 (satu) arah adalah sebesar 19.136 motor.

Lokasi pendaftaran angkutan motis 2020 berjumlah 9 stasiun, diantaranya: Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, dan Stasiun Kiaracondong.

Selanjutnya, untuk menjaring minat calon peserta Motis di Daerah, akan dibuka pos pendaftaran di Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Surabaya Pasar Turi, Stasiun Mojokerto, Stasiun Madiun, Stasiun Purwosari, dan Stasiun Lempuyangan mulai 16 Maret 2020.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta Angkutan Motor Gratis Dapat Prioritas Tiket Kereta Mudik

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan prioritas peserta Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan moda kereta api, mendapat tiket kereta dengan besaran harga yang sudah ditetapkan.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Zulmafendi mengatakan, bagi peserta motis yang mendaftar di awal yaitu dari 25 Maret sampai 13 Mei 2019, akan mendapatkan keistimewaan berupa fasilitas untuk pembelian tiket kereta api ekonomi komersial dan bersubsidi. 

"Dengan catatan bahwa fasilitasi tiket ini berlaku hanya selama kuota tiket yang dialokasikan masih tersedia," kata Zulmafendi, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Zulmafendi menuturkan, ‎kuota tiket penumpang yang disediakan untuk program motis ini sebanyak 58.088 tiket. Masing-masing peserta akan difasilitasi pembelian tiket kereta sebanyak maksimal tiga tiket.

"Angkutan motor gratis kita fasilitasi untuk pembelian tiket. Kita Siapkan tiket untuk penggguna angkutan motor gratis ini," tutur dia.

Zulmafendi mengungkapkan, fasilitas tersebut bertujuan untuk memudahkan peserta angkutan motor gratis mendapat tiket kereta. Untuk harga tiket, sesuai dengan yang ditetapkan pada masa pembelian tiket‎.

"Supaya mereka mudah memesan tiket, untuk jurusan yang mereka lewati tadi. Jadi ada penumpang dia diberikan kemudahan memesan tiket. Harga sesuai dengan saat itu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.