Sukses

Tol Pekanbaru-Dumai Bakal Dongkrak Ekonomi Sumatera

Liputan6.com, Jakarta
Hutama Karya (HK), pengembang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) terus mendorong pembangunan ruas tol Pekanbaru-Dumai.
 
Adapun progress pembangunan ruas tol tersebut secara rata-rata mencapai 90 persen dan sempat dibuka fungsional untuk Seksi 1 dengan ruas Pekanbaru-Minas pada mudik Nataru 2019 kemarin.
 
Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo menyatakan, keberadaan tol Pekanbaru-Dumai akan mendongkrak ekonomi daerah di sekitarnya.
 
 
"Tol ini membawa manfaat yang banyak, mulai dari mempersingkat waktu tempuh serta mengefisiensikan arus logistik dalam usaha," ujar Bintang, sebagaimana ditulis Kamis (20/02/2020).
 
Jika jarak dari Pekanbaru ke Dumai biasa ditempuh dalam 6-7 jam, maka lewat tol Pekanbaru-Dumai jarak tersebut bisa ditempuh jadi 2-3 jam saja.
 
Lebih lanjut, jalan tol ini terhubung dengan berbagai kawasan produktif sehingga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi, mengurangi biaya logistik hingga menciptakan pusat ekonomi baru di Sumatera.
 
"Kalau dulu lewat jalan lintas sehari bisa sekali atau paling banyak dua kali mengirim barang dari pelabuhan di Dumai ke Pekanbaru atau sebaliknya, nanti dengan adanya tol yang waktu tempuhnya lebih singkat, sehari mungkin bisa lebih dari dua kali melakukan proses perpindahan arus barang,” imbuh Bintang.
 
Tol Pekanbaru-Dumai nantinya akan dilengkapi dengan 7 gerbang tol, 6 buah simpang susun, dan 10 tempat istirahat dan pelayanan (TIP). Saat dibuka fungsional pada musim mudik Nataru 2019 lalu, Tol Pekanbaru-Dumai Seksi 1, Pekanbaru-Minas, telah dilintasi 40.518 kendaraan golongan I (Non Bus) dengan kondisi yang terpantau lancar, aman dan nihil kecelakaan.
 
 
 
 
 
2 dari 3 halaman

Beroperasi Lebaran, Ini Progres Pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, menyatakan pembangunan ruas tol Pekanbaru-Dumai ditargetkan rampung April 2020.

"Diharapkan selesai sebelum Lebaran, April, sehingga bisa dilalui untuk mudik," ujar Basuki saat ditemui di Pekanbaru, Kamis (20/02/2020).

Senior Executive Vice President Sekretaris Perusahaan Hutama Karya selaku pengembang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), Muhammad Fauzan menyatakan, progress jalan Tol Pekanbaru-Dumai berjalan relatif cepat.

"Jalan tol ini mulai dibangun 2017, dan kita selesaikan segera sehingga bisa digunakan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini. Pembangunannya dapat dikatakan sudah cepat," ujar Fauzan.

Data Hutama Karya per 19 Februari 2020 mencatat, progress konstruksi jalan tol Pekanbaru-Dumai sudah mencapai rata-rata 90 persen dengan pembebasan lahan sekitar 99,78 persen.

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video di bawah ini: