Sukses

Tidak Bahagia di Tempat Kerja, Pertimbangkan 3 Hal Dulu Sebelum Berhenti

Resign atau pindah tempat bekerja adalah hal yang perlu dipertimbangkan, sebelum ceroboh dan salah langkah. Simak ulasan berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Dekade baru. Tahun baru. Pekerjaan Baru. Industri baru? Terdengar menggoda.

Beginilah kecenderungannya: Anda sudah lama berada di perusahaan Anda. Anda telah sukses dalam karier Anda. Anda mendapat promosi yang Anda pikir Anda inginkan.

Tapi jauh di lubuk hati, Anda tidak terpenuhi. Anda tahu sudah waktunya untuk mencoba pekerjaan baru, tetapi Anda mulai bertanya-tanya apakah sudah waktunya untuk beralih ke industri baru juga. Pikiran itu sendiri menerangi Anda dan membuat Anda merasa hidup kembali.

Sebelum Anda benar-benar merombak karier Anda, Anda harus bertanya pada diri sendiri satu pertanyaan sederhana: Apa yang membuat Anda tidak bahagia dalam pekerjaan Anda sekarang?

Itu adalah pertanyaan yang sama dengan yang saya tanyakan pada diri saya ketika saya mendapatkan pekerjaan impian saya di sebuah perusahaan PR global dan kemudian menyadari bahwa itu bukan impian saya.

Menjawab pertanyaan ini membantu saya memahami apa yang perlu saya ubah, dan jika Anda siap melakukan hal yang sama, berikut adalah tiga faktor paling penting untuk dipertimbangkan, menurut Adunola Adeshola, seorang pencipta ‘employee REDEFINED’. Ia mengajarkan para profesional korporat bagaimana cara mengamankan posisi yang diinginkan di perusahaan yang mereka sukai,

Melansir dari Business Insider, pertimbangkan hal berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Budaya

Ketika memikirkan budaya perusahaan Anda saat ini, Harvard Business Review merekomendasikan untuk mempertimbangkan dua elemen: cara orang berinteraksi dan respons organisasi terhadap perubahan.

Apakah Anda puas dengan cara Anda dan kolega berinteraksi di kantor? Apakah respons perusahaan Anda untuk berubah sejalan dengan cara Anda menginginkan sesuatu untuk bergerak maju?

Jika sumber ketidakbahagiaan Anda adalah budaya organisasi Anda saat ini, Anda mungkin hanya perlu meninggalkan perusahaan Anda.

Seringkali, saya berbicara kepada klien yang merasa letih oleh industri mereka karena pengalaman mereka dengan perusahaan mereka saat ini, atau bahkan yang sebelumnya.

Klien Adeshola, Iman, menghabiskan waktu bertahun-tahun mengejar capaian posisi di perusahaannya, tetapi pada saat ia mendapatkan peran direktur, ia merasa tidak puas. Dia yakin dia harus benar-benar meninggalkan industrinya.

Tetapi setelah bertanya pada dirinya sendiri apa yang membuatnya tidak bahagia, dia menyadari bahwa dia tidak cukup siap untuk mengubah karirnya - dia hanya perlu mengubah lingkungan pekerjaannya.

Semua bisnis tidak diciptakan sama, dan jika budaya perusahaan adalah satu-satunya hal yang ingin Anda ubah, maka inilah saatnya untuk lebih berupaya menemukan tempat yang selaras dengan jenis budaya yang Anda nikmati.

3 dari 4 halaman

2. Pekerjaan

Pagi-pagi yang Anda takuti pergi ke kantor, apakah Anda sebagian besar memikirkan pekerjaan yang harus Anda lakukan? Bahkan di lingkungan kerja yang paling menyenangkan, jika Anda membenci tugas Anda, itu pertanda pasti Anda perlu perubahan.

Tetapi sebelum Anda menyimpulkan bahwa Anda perlu mengubah industri, Anda mungkin bosan dengan pekerjaan Anda karena Anda siap menghadapi lebih banyak tantangan.

Mungkin Anda siap untuk peran yang lebih senior, dan tidak ada peluang pertumbuhan di perusahaan Anda saat ini.

Daripada berporos ke sesuatu yang sama sekali monoton dan membuat penat, mungkin sudah waktunya untuk mencari pekerjaan yang akan memungkinkan Anda untuk membawa karier Anda ke tingkat berikutnya.

Namun, jika Anda muak dengan pekerjaan yang Anda lakukan, atau jika tanggung jawab Anda tidak lagi sejalan dengan tujuan karir Anda, maka mungkin sudah saatnya untuk mengubah industri.

Seperti klien Adeshola, Shannon. Setelah menjadi PR selama lebih dari delapan tahun, ia menyadari bahwa ia tidak lagi menikmati kampanye pers dan memiliki hasrat baru untuk keragaman dan inklusi.

Dia memanfaatkan pengalamannya untuk mendaratkan keberagaman dan peran inklusi di Tiffany & Co.

4 dari 4 halaman

3. Misi

Faktor terakhir yang perlu dipertimbangkan adalah jenis layanan yang disediakan perusahaan Anda dan jenis klien yang dilayani perusahaan Anda.

Saat mengevaluasi penyebab ketidakbahagiaan Anda, bisa jadi Anda tidak lagi puas dengan dampak yang ditimbulkan oleh perusahaan Anda. Atau, bisa jadi jenis pekerjaan perusahaan Anda tidak lagi selaras dengan nilai-nilai Anda atau kontribusi yang ingin Anda buat.

Adeshola pernah berbicara dengan manajer proyek yang bekerja di tim produk konsumen di jaringan utama dan menciptakan barang dagangan untuk perusahaan, tetapi dia tidak senang karena dia merasa produk organisasinya tidak selaras dengan minat pribadinya.

Jika itu yang terjadi pada Anda, maka Anda mungkin perlu mengambil bakat Anda di tempat lain. Ini bisa berarti melanjutkan pekerjaan yang saat ini Anda lakukan di perusahaan yang melayani orang yang berbeda atau menawarkan produk yang lebih selaras dengan nilai-nilai Anda.

Mengakses apa yang membuat Anda tidak bahagia dalam pekerjaan Anda akan memberi Anda kejelasan yang lebih besar tentang apa yang perlu diubah.

Dengan begitu, jika Anda memutuskan untuk meninggalkan industri Anda, Anda akan tahu bahwa itu adalah keputusan terbaik untuk Anda. Anda bahkan mungkin menemukan bahwa Anda tidak perlu mengubah karier Anda sepenuhnya.

 

Reporter : Danar Jatikusumo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini