Sukses

Tips Kelola Manajemen Keuangan Bagi Pelaku UKM

Liputan6.com, Jakarta Jumlah pelaku usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Diketahui, sekitar 97 persen tenaga kerja terserap di bidang usaha ini. Kamu salah satunya?

Jika ya, dan agar bisnis lancar, pastikan kamu dapat mengelola keuangan dengan baik. Nah ada beberapa prinsip manajemen keuangan yang perlu kamu terapkan, agar perjalanan bisnismu berjalan lancar dan berkembang. Yuk bahas satu per satu:

 

2 dari 5 halaman

1. Bikin Rencana Pengeluaran

Pastikan kamu memiliki catatan keuangan bisnis yang mencatat keluar masuknya uang. Dengan kata lain, setiap transaksi harus dicatat detil agar tak terjadi kesalahan dalam pelaporan keuangan. Pastikan juga catatan keuangan usahamu cocok dengan saldo tunai.

3 dari 5 halaman

2. Hitung Biaya

Bisnis tak bisa mengandalkan ingatanmu semata. Artinya, kamu tidak bisa hanya sekadar mengingat apa saja kebutuhan yang dibeli sebagai pengeluaran. Oleh karena itu, lakukan penghitungan pembiayaan dengan benar.

 

4 dari 5 halaman

3. Putar Arus Kas

Setelah menghitung biaya dengan benar, mulailah menghitung piutang atau tagihan ke supplier hingga persediaan gudang yang dibeli dengan tunai. Seimbangkan perputaraannya. Nah di poin ketiga ini, kamu bisa bergabung dengan TheLorry yang membantu mitra UKM dari segi transportasi angkutan barang untuk membayar dengan tempo pembayaran.

Misalnya kamu bisa mengatur pengeluaran dari bahan baku bisnismu yang dibeli dalam jumlah banyak, dan biasanya kena ongkos kirim. Dengan bantuan TheLorry jasa angkut barang, memungkinkan perorangan yang menjalani usaha dan UKM untuk mengambil kebutuhan logistikmu dengan aman.

5 dari 5 halaman

Tempo Pembayaran

Bukan hanya aman, TheLorry juga menjamin bahwa mitranya dapat membayar membayar dengan tempo pembayaran berdasarkan invoice atau penagihan yang akan dikirimkan secara berkala oleh pihak jasa angkut barang TheLorry.

Untuk itu, UKM dapat mendaftarkan toko atau perusahaan mereka sebagai klien UKM TheLorry, agar memiliki akun khusus. Untuk kelancaran distribusi barang dalam usaha anda, percayakan saja sewa mobil pick up, sewa mobil box, dan sewa truk pada TheLorry.

Kunjungi website jasa sewa mobil pick up, sewa mobil box, sewa truk TheLorry di sini atau menghubungi nomor telefon 0813-800-638-85 untuk mendaftarkan usaha anda sebagai klien UKM TheLorry.

 

(*)