Sukses

Menteri PANRB Pastikan Ujian CPNS 2019 Sesuai Jadwal

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, soal ujian penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah diserahkan kepada Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Adapun tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019 akan digelar pada akhir Januari hingga Februari mendatang dengan melalui ujian berbasis komputer (Computer Assisted Test/CAT).

"Sudah, soalnya sudah diserahkan. Sesuai jadwal pokoknya," ujar Tjahjo saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (13/1).

Tjahjo melanjutkan, hingga kini pihaknya telah selesai melakukan seleksi administrasi perekrutan CPNS 2019. Sebanyak 3,7 juta dari jumlah pendaftar sekitar 4,6 juta dinyatakan lolos seleksi administrasi.

"Dari 4,6 juta pendaftar, yang memenuhi persyaratan administrasi hanya 3,7 juta. Jadi soalnya pun sudah kita kirim ke BKN. Sudah, sudah ada di BKN," jelasnya.

Mantan Menteri Dalam Negeri tersebut menambahkan, penerimaan PNS untuk 2020 akan dilakukan usai penerimaan PNS 2019 rampung dilakukan. "(Penerimaan PNS 2020 kapan?) setelah ini lah," tandasnya.

Reporter:  Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

3,3 Juta Peserta CPNS 2019 Lolos Seleksi Administrasi

Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 telah merampungkan proses seleksi administrasi perekrutan CPNS 2019. Perekrutan ini diikuti 4.197.218 peserta yang mendaftar dalam Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengabarkan, dari 4,1 juta peserta tersebut, sekitar 3,3 juta orang dinyatakan lulus seleksi administrasi, untuk kemudian bisa mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

"Data dari SSCASN BKN 4.197.218 calon peserta telah melakukan pendaftaran. Sebanyak 3.364.897 telah lolos verifikasi administrasi," ujar Menteri Tjahjo di Jakarta, Senin (13/1/2020).

Jumlah peserta itu disebutnya menunjukan besarnya antusiasme dan perhatian masyarakat terhadap rekrutmen CPNS.

Dia pun mengabarkan, tes SKD CPNS 2019 akan digelar pada akhir Januari hingga Februari mendatang dengan mengenakan ujian berbasis komputer (Computer Assisted Test/CAT).

"Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dimulai 27 Januari sampai dengan 28 Februari 2020 dengan ujian berbasis komputer. Materi SKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)," paparnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: