Sukses

5 Film yang Bisa Jadi Inspirasi buat Pebisnis

Meski pun film-film ini merupakan film zaman dulu, namun memiliki nilai moral yang bisa Anda ambil dan terapkan dalam mewujudkan impian.

Liputan6.com, Jakarta - Meski pun film-film ini merupakan film zaman dulu, namun memiliki nilai moral yang bisa Anda ambil dan terapkan dalam mewujudkan impian dalam berbisnis atau bekerja.

Berikut lima film inspiratif yang membuat Anda jadi optimis menjadi pebisnis, dilansir dari laman Entepreuneur.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1.Wall Street

Wall Street merupakan film asal Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1987. Film ini bercerita tentang dua pemuda yang ambisius, yakni pebisnis saham dan investor yang karismatik dan kejam.

Dalam film ini, Anda dapat mengambil pelajaran atau pesan, bahwa apabila Anda terlalu fokus mengejar kekuasaan dengan cara yang tidak baik, dapat menjerumuskan integritas diri.

3 dari 6 halaman

2. Office Space

Film ini dirilis pada tahun 1999 di Amerika Serikat, film ini berbicara tentang tantangan, frustrasi, dan ketidakjelasan kehidupan kantor perusahaan. Office Space menyindir perusahaan yang menghancurkan jiwa pekerja.

Dalam film tersebut, mengingatkan bahwa jangan biarkan pekerjaan, dengan budaya perusahaan yang membosankan dan birokrasi kecil, mengganggu kehidupan Anda. Tetapi, Anda harus menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan, serta memastikan bekerja untuk perusahaan yang baik.

Seperti yang diceritakan dalam film ini, bahwa para pekerja yang tidak bahagia bukanlah bos yang paling baik, dan manajemen yang buruk dapat merusak moral pekerja. Intinya adalah bahwa hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan di dalam kantor.

4 dari 6 halaman

3. Erin Brockovich

Film ini dirilis pada tahun 2000, dan kisahnya berdasarkan kisah nyata, yang menceritakan seorang ibu tunggal yang berjuang dalam pekerjaannya sebagai juru tulis, di sebuah firma hukum.

Dia mulai menyelidiki kasus yang akhirnya mengarah ke gugatan class action, terhadap perusahaan bernilai miliaran dolar. Melalui penyelidikan, ia belajar beberapa kebenaran yang sulit dipecahkan dan menghadapi banyak rintangan.

Dari film ini, Anda dapat mengambil pelajaran bahwa Anda harus mampu menangkap peluang, dan mengambil peluang tersebut, lalu menyelesaikan peluang itu dengan berani.

Selain itu, Anda bisa belajar menjadi mandiri dan tidak takut untuk membela apa yang Anda yakini. Ini juga bisa menjadi inspirasi besar bagi pengusaha perempuan yang menghadapi dunia korporat yang didominasi pria.

5 dari 6 halaman

4. The Godfather

Meskipun film ini merupakan film tua atau jadul, yakni dirilis tahun 1972. Namun, film ini merupakan salah satu film terbaik yang pernah dibuat terkait tema bisnis.

Dalam film ini mengisahkan tentang bisnis keluarga kecil yang tumbuh menjadi besar dan kuat di New York, saat melawan oposisi.

Film ini menawarkan wawasan tentang apa yang diperlukan, untuk menjadi salah satu bisnis keluarga paling berpengaruh dan dinamis di suatu negara.

Dalam film ini, Anda dapat mengambil pelajaran, bahwa pentingnya membantu orang, dan menyoroti pentingnya hubungan dalam membangun jaringan dalam bisnis apa pun. The Godfather akan membuat Anda berpikir tentang strategi kompetitif, aliansi, merger, dan diversifikasi bisnis.

6 dari 6 halaman

5. The Pursuit of Happyness

Film ini dirilis pada tahun 2006, tentunya Anda familiar dengan sang aktor, yakni Will Smith. Film ini dikenal sangat menginspirasi, karena berdasarkan kisah nyata Chris Gardner, yang menceritakan sebagai ayah tunggal, yang memiliki posisi sebagai pekerja magang, pekerjaannya sangat melelahkan sebagai sales pemindai medis.

Dari film ini, Anda dapat belajar mengenai etos kerja yang kejam dan keyakinan diri yang diuji. Namun, dibalik itu ada kemauan yang keras untuk mencapai keinginan dalam mewujudkan impian. Tentu sangat cocok untuk Anda yang berpikir pesimis, padahal Anda belum mencoba.

Itulah film -film yang dapat menginspirasi Anda yang ingin memulai suatu bisnis, namun Anda memerlukan dorongan dalam mewujudkannya. Tidak ada yang tidak mungkin, selagi Anda berusaha dan kuat menghadapi rintangan, Anda pasti bisa memulai suatu usaha apapun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.