Sukses

Yuk Dicoba, Kebiasaan Kecil yang Bisa Bikin Karier Berkembang

Anda pasti ingin karier melesat, bukan? Cobalah lakukan kebiasaan kecil ini yang bisa bikin karier berkembang

Liputan6.com, Jakarta Buat para pekerja apa sudah merasa puas dengan skill yang Anda punya? Jika belum, sudah saatnya Anda mengembangkan potensi diri lagi. 

Mengembangkan kemampuan tidak hanya dilakukan saat bekerja di kantor. Justru akan kurang maksimal jika Anda hanya mengandalkan pekerjaanmu di kantor untuk menambah skill dan pengalaman.

Kamu bisa memulai dengan target-target kecil yang mudah digapai. Jika langsung mematok target besar Anda bisa saja menjadi putus asa. Jadi, mulailah dengan hal-hal sederhana namun sanggup dilakukan.

Anda bisa memulai dari kebiasaan sehari-hari. Tidak ada alasan karena sibuk bekerja hingga skill justru mentok seperti itu saja.

Anda pasti ingin karier melesat, bukan? Cobalah lakukan kebiasaan kecil ini yang bisa bikin karier berkembang, seperti dikutip dari Cermati.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Punya Kebiasaan Membaca

Ada yang punya hobi membaca?. Bagi yang hobi membaca, mendengar kata “membaca” bukanlah momok menakutkan.

Akan tetapi, beda ceritanya jika yang tidak begitu tertarik dengan aktivitas ini. Pertama kali yang dibayangkan adalah tumpukan buku yang tebal dan membosankan. Penuh teori dan sulit dipahami. 

Tenang, yang dimaksud kebiasaan membaca disini adalah membaca apa saja. Bukan hanya sebatas buku yang berisi bacaan berat. Kebiasaan membaca artikel, blog, novel atau apapun tentu memiliki manfaat bagi karier Anda.

Apa hubungannya membaca dengan karier, ya? Jadi, dengan sering membaca Anda akan terbiasa melahap informasi-informasi baru. Dampaknya Anda akan lebih mudah menemukan ide-ide baru.

Selain itu, dengan membaca juga bisa mempengaruhi perspektif Anda dalam berpikir. Bisa membentuk pola pikir hingga menambah wawasan yang dapat digunakan sebagai ide atau inovasi saat bekerja.

3 dari 5 halaman

2. Selalu Latihan Menulis

Kebiasaan baik berikutnya adalah menulis. Untuk kebiasaan yang satu ini banyak yang merasa haruslah memiliki bakat. Apakah benar?

Ternyata bakat bukanlah penentu utama dalam menulis. Anda bisa berlatih menulis dan menjadikannya kebiasaan.

Akan lebih mudah jika Anda sering menulis jurnal kegiatan sehari-hari. Atau jika ada yang hobi menulis buku diary, maka akan lebih mudah mengasah kemampuan menulis.

Era digital ini sudah sangat memanjakan kita. Tidak perlu repot-repot lagi menulis di buku. Sekarang menulis tinggal mengetik di komputer atau laptop. Setelah itu bisa dipublikasikan di blog, Facebook, atau media-media lainnya.

Menulis ini akan sangat berguna bagi kamu di kantor. Mengerjakan laporan, menulis ide baru, atau menyiapkan presentasi untuk klien nyatanya juga memerlukan kemampuan menulis. Jadi, apakah masih malas untuk berlatih menulis?

4 dari 5 halaman

3. Tak Malu dan Berani Bertanya

Pepatah “malu bertanya sesat di jalan” sudah sangat familiar di telinga, kan? Memang pepatah ini benar terutama bagi Anda yang ingin mengembangkan karier.

Bertanya tidak membuat Anda terlihat tidak paham. Justru dengan rajin bertanya menandakan Anda menaruh perhatian dengan hal yang sedang didiskusikan. Selain itu, bertanya akan menambah wawasan baru.

Kemampuan bertanya ini ternyata juga tidak dimiliki semua orang. Banyak juga yang merasa malu untuk menanyakan hal yang belum mereka pahami. Bertanya ini juga bisa dijadikan sarana untuk melatih kepercayaan diri.

Memiliki kebiasaan bertanya asalkan digunakan saat waktu dan tempat yang sesuai akan sangat memudahkan. Terutama saat mengerjakan tugas-tugas di kantor. Bertanya akan membantu Anda memahami tugas dan arahan yang diberikan.

5 dari 5 halaman

4. Punya Koneksi Media Sosial

Saat ini, kita hidup di zaman media yang begitu canggih. Komunikasi jarak jauh pun sekarang bisa dijangkau dengan hanya hitungan detik. Kita pun dimudahkan mengetahui kabar berita dari berbagai belahan dunia.

Sudah tidak asing bukan dengan Facebook, Instagram, atau LinkedIn? Semuanya adalah aplikasi yang tentu memiliki peranan masing-masing.

Akan tetapi, ada satu persamaan dari aplikasi tersebut yaitu bisa menghubungkan kita dengan orang-orang yang ingin kita ketahui kabarnya. Seperti teman sekolah, teman kantor, bahkan hingga para artis dan pejabat.

Dari media sosial, Anda bisa memperluas koneksi. Cobalah aktif untuk memberi komentar positif kepada postingan teman. Dengan begitu, kemampuan komunikasi Anda bisa terasah sedikit demi sedikit.

Jangan anggap remeh koneksi media sosial. Bukan berarti dunia maya selalu membawa dampak buruk. Sebaliknya, jika Anda berhasil membawa hal positif dengan akun-akun media sosial Anda, maka dapat mempermudah komunikasi kamu di dunia nyata.

Saat Anda bersikap ramah di media sosial, teman juga akan lebih senang dan nyaman berkomunikasi dengan Anda di dunia nyata. Apalagi untuk menyapa orang yang baru dikenal, maka akan lebih mudah merasa akrab. 

Skill komunikasi dalam karier itu penting sekali. Manfaatkanlah media sosial sebaik mungkin. Bisa jadi, dari kebiasaan kecil ini akan membawa dampak besar bagi karier Anda.

Anda juga bisa membangun networking. Tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga dan biaya, menjalin relasi media sosial tentu memiliki banyak keuntungan. Nah, mualilah manfaatkan media sosial Anda sebaik mungkin.

Latih Diri dari Sekarang Juga

Nah, itu dia kebiasaan-kebiasaan baik yang dapat memaksimalkan karier Anda. Bisa dilatih dari sekarang jika ingin karier berkembang.

Tak perlu menunggu saat Anda sudah benar-benar bekerja, latihlah dari sekarang, jadikan kebiasaan itu sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari sehingga akan terasa lebih ringan menjalaninya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini