Sukses

Profil Harjo Sutanto, Miliarder Tertua di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Forbes kembali mengeluarkan daftar 50 orang terkaya di Indonesia untuk tahun 2019. Nama-nama Daftar tersebut tidak berbeda jauh dengan daftar yang telah dikeluarkan pada tahun sebelumnya.

Dikutip dari Forbes, Kamis (5/12/2019), Hartono bersaudara yang merupakan pemilih Grup Djarum masih menempati posisi pertama orang terkaya di Indonesia. Sedangkan posisi kedua adalah Keluarga Eka Tjipta Widjaja.

Sedangkan menduduki posisi miliarder tertua adalah Harjo Sutanto. Ia menduduki peringkat 39 orang terkaya di Indonesia.

Kekayaan bersih yang dimilikinya mencapai USD 810 juta atau kurang lebih Rp 11,41 triliun (estimasi kurs 14.094 per dolar AS). Saat ini, usia Harjo Sutanto adalah 93 tahun.

Harjo membangun bisnisnya dari menjual sabun dari pintu ke pintu. Saat ini, bisnis Wings Group yang merupakan perusahaan yang dirintisnya telah menjalar ke berbagai sektor.

Saat ini Wings telah menjadi perusahaan besar yang mengekspor produk-produknya ke seluruh dunia sejak berdiri 60 tahun yang lalu di Jawa Timur. Setelah bertahun-tahun, Wings telah tumbuh menjadi salah satu merk yang terkenal di Indonesia.

Sabun dan detergen menjadi produk pertama yang diproduksi oleh Wings dan yang terbukti dapat diterima oleh konsumen dengan baik. Setelah itu, produk-produk pembersih lainnya diperkenalkan dan saluran distribusi yang kuat terbentuk di seluruh Indonesia.

Beberapa dekade berikutnya, Wings terus menerus memperluas ragam produknya dan sekarang telah memproduksi serta menjual ratusan SKU produk-produk rumah tangga, perawatan pribadi dan juga produk makanan.

Reporter: Danar Jatikusumo

2 dari 3 halaman

50 Orang Terkaya di Indonesia Punya Harta Rp 1.898 Triliun di 2019

Forbes kembali mengeluarkan daftar orang terkaya di Indonesia. Ada nama-nama baru dalam daftar tersebut tetapi juga ada nama yang menghilang.

Dikutip dari Forbes, Kamis (5/12/2019), meskipun Indonesia mengalami perlambatan ekonomi, 50 orang terkaya di Indonesia telah menambah harta mereka sebesar USD 5,6 miliar atau kurang lebih Rp 78,98 triliun (etimasi kurs 14.105 per dolar AS) di tahun ini. 

Sedangkan total kekayaan dari 50 orang terkaya di Indonesia tersebut mencapai USD 134,6 miliar atau ‭1.898 triliun ‬di 2019.

Hampir setengah dari 50 orang terkaya di Indonesia mengalami kenaikan jumlah harta. Hartono bersaudara masih menduduki posisi nomor 1. Ini merupakan tahun kesebelas mereka menduduki posisi tersebut.

Total kekayaan bersih pendiri Grup Djarum ini mencapai USD 37,3 miliar atau mencapai Rp Rp  526,11 triliun. Harga mereka naik karena saham PT Bank Sentral Asia Tbk (BCA) melonjak.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: