Sukses

Miliarder Kylie Jenner Jual Perusahaan Kosmetik, Laku Berapa?

Liputan6.com, Oxnard - Miliarder muda Kylie Jenners akan menjual mayoritas saham Kylie Cosmetics. Sebanyak 51 persen saham akan dijual kepada Coty, perusahaan kosmetik internasional, dan sisanya masih dikuasai Kylie.

Dilaporkan Forbes, nilai penjualan itu mencapai USD 600 juta atau Rp 8,4 triliun (USD 1 = Rp 14.087). Dalam transaksi tersebut, Kylie Cosmetics disebut memiliki valuasi sebesar USD 1,2 miliar (Rp 16,9 triliun), sehingga Kylie sebagai pemilik tunggal memang benar seorang miliarder.

Kylie Jenner mengaku senang dengan kemitraan yang dibangun bersama Coty. Ia berekspektasi Kylie Cosmetics serta Kylie Skin bisa semakin dijangkau konsumen global.

"Saya senang bisa bermitra dengan @cotyinc untuk terus melebarkan brand-brand saya secara global. Ini baru permulaan!" ujar Kylie lewat akun Twitter resminya.

Ketika memulai bisnis kosmetik, sang miliarder muda memang mengandalkan pengikut di Instagram untuk pemasaran. Tim Kylie pun tak perlu membuang uang untuk promosi berkat media sosial milik Kylie Jenner.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Kylie ♥️ (@kyliejenner) on

Kini, Kylie Jenner memiliki 151 juta pengikut di Instagram yang berasal dari seluruh dunia, namun pembeli Kylie Cosmetics rata-rata masih berasal dari Amerika Serikat (AS). Di sinilah Coty berharap bisa mengekspansi Kylie Cosmetics ke seluruh dunia.

Dia juga akan mengurus hal-hal teknis seperti pengembangan usaha, manufaktur, distribusi, komersial, dan R&D. Kylie pun berharap dengan ini bisa fokus di sisi kreasi produk.

Proses transaksi ini diperkirakan selesai pada kuartal III 2020. Forbes juga memberi Kylie Jenner predikat miliarder termuda berkat usaha sendiri (self-made) berkat kesuksesan bisnis kosmetinya.

2 dari 4 halaman

Kylie Jenner Jualan Kosmetik di Vending Machine

Kylie Cosmetics membuat gebrakan baru dengan menjual produk kosmetiknya di vending machine atau mesin penjual otomatis. Vending machine tersebut berada di bandara McCarran International di Las Vegas, Amerika Serikat.

Dalam mesin tersebut dijual beragam produk Lip Kit-nya dengan berbagai warna dan koleksi kosmetik lainnya, ada Burgundy Extended Palette hingga You're So Money Baby Pressed Powder Palette.

Selayaknya vending machine biasa, produk-produk Kylie yang didesain elegan pun tampak jelas menyapa indra visual konsumen. Di bagian sampingnya ada poster wajah Kylie. Jadi sekarang tak hanya minuman atau makanan ringan yang bisa dibeli di vending machine, namun juga lipstik.

"Ini sangat membuatku bahagia. Aku baru saja merilis vanding machine @kyliecosmetics pertama kali di McCarren International Airport di Las Vegas," tulis Kylie dalam keterangan foto di unggahannya pada 15 November 2019.

3 dari 4 halaman

Sempat Menuai Kontroversi

Saat Forbes menjulukinya sebagai pengusaha terkaya yang menghasilkan uangnya sendiri, hal itu sempat menuai kontroversi. Banyak orang mengira kalau perempuan 22 tahun tersebut mendapatkan uangnya dari orangtuanya.

Namun seperti dilansir dari Allure, 15 November 2019, dalam sebuah wawancara dengan Paper, Kylie menegaskan kalau orangtuanya sudah tidak memberikannya uang sejak usianya 15 tahun.

Dalam membuat produk, Kylie juga suka melakukan kolaborasi, termasuk untuk produk kosmetik terbarunya. Ia kembali menggandeng Khloe Kardashian.

Kolaborasi ketiga ini mengusung tema merah muda yang populer digunakan Kylie Cosmetics. Secara keseluruhan, koleksi ini menampilkan empat produk kosmetik yang terdiri dari matte lip, satu lip liner, highlighter dan sebuah palet eyeshadow.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tengok Isi Dompet Miliarder Warren Buffett
Artikel Selanjutnya
6 Modal yang Diperlukan untuk Jadi Miliarder