Sukses

Di Forum AIS 2019, Menko Luhut Dorong Ekonomi Kreatif dan Digital

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri pembentukan forum Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2019, Kamis (31/10/2019) pagi, di Kawasan Megamas Kota Manado, Sulawesi Utara.

Kegiatan internasional yang dihadiri 21 Negara kepulauan dan 4 organisasi internasional tersebut berlangsung selama dua hari hingga 1 November 2019. Beberapa kegiatan lain yang juga digelar adalah pameran bisnis dan inovasi, konferensi ekowisata bahari, startup dan business summit.

Menko Luhut dalam sambutannya menyampaikan, puluhan negara berkumpul di Kota Manado dalam Forum AIS yang baru dibentuk dengan tujuan untuk menyamakan pandangan mengenai peran negara-negara kepulauan.

"Kita pagi ini kumpul di sini dalam forum Archipelagic and Island States di mana organisasi kita baru bentuk yang beranggotakan 21 Negara kepulauan dan 4 organisasi Internasional," ungkap Luhut.

Menko Luhut mengatakan, kegiatan yang menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) juga menyelenggarakan forum 1.000 Startup Digital.

Luhut menjelaskan AIS 2019 dan forum bisnis rintisan atau startup itu merupakan bagian dari kerja sama 6 negara kepulauan dan 41 negara pulau yang dimulai sejak tahun lalu.

“Tujuannya, saling mendukung pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Lewat forum itu, dia berharap para negara anggota dapat menggerakan potensi yang ada di masyarakat serta melakukan pemecahan masalah yang ada di negara kepulauan. Secara khusus, kegiatan AIS 2019 difokuskan untuk mendorong pengembangan bisnis rintisan.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Bisnis Rintisan

Menko Luhut memaparkan pelaku usaha di bidang bisnis rintisan akan menjadi kelompok penggerak ekonomi pada masa depan. Hal itu setidaknya didukung oleh sejumlah alasan.

Peluang menjanjikan dari ekonomi digital dari 171 juta pengguna internet di dalam negeri. Menurutnya, jumlah itu menjadi potensi besar untuk dikelola menjadi pasar ekonomi digital.

“Indonesia punya 171 juta pengguna internet dan 131 juta pengguna smartphone sebagai pasar potensial dan angkanya akan terus meningkat. Ini akan sayang kalau tidak dimanfaatkan. Itu sebabnya, hadir di sini yang namanya startup dengan perkembangannya yang begitu besar,” kata Luhut.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyampaikan, Forum AIS mulai perdana aktif pada hari Kamis (31/10) di Kota Manado. Olly menyatakan senang karena dipilih menjadi tempat pertemuan perdananya dan sekaligus menjadi tempat dibentuknya Forum internasional ini.

"Jadi Sulawesi Utara mencatat sejarah bagi kita semua ini di Tahun 2019, karena perlu diketahui bahwa Sulut mempunyai pulau yang paling banyak. Juga ada dua pulau yang berbatasan langsung dengan Negara Filipina dan mungkin ini menjadi pilihan Menko memilih Manado sebagai tuan rumah," jelas Olly.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mobil Listrik dab B20 jadi Jurus Pemerintah Tekan Emisi Karbon
Artikel Selanjutnya
Serikat Pekerja Pertamina Tolak Ahok, Ini Tanggapan Menko Luhut