Sukses

Ayo Mulai Kelola Keuangan Sejak di Bangku Kuliah, Ini Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda menginginkan finansial yang baik di masa depan, maka sudah seharusnya mencoba memulai saat masih kuliah. Perguruan tinggi, adalah masa eksplorasi, pembelajaran, dan pertumbuhan.

Setelah keluar dari masa perkuliahan, bisa saja semua hal menjadi lebih kompleks termasuk sistem finansial.

Melansir dari Forbes, Selasa (22/10/2019) berikut enam tips keuangan terutama bagi mahasiswa:

1. Mulai membangun kredit

Setelah lulus dari dunia perkuliahan, salah satu langkah terpenting dalam hidup adalah skor kredit. Banyak pengusaha memeriksa kredit Anda sebagai bagian dari pemerikasaan latar belakang dan riwayat hidup.

Mulailah dengan membangun kredit di sekolah. Dapatkan kartu kredit Anda sendiri atau mintalah orang tua untuk membantu memiliki kartu kredit. Semakin awal, semakin baik.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 4 halaman

2. Hindari utang kartu kredit

Hutang kartu kredit adalah hal yang buruk, selain itu dapat menahan Anda secara finansial selama bertahun-tahun.

Lebih baik Anda menetapkan anggaran pengeluaran atau membelanjakan kurang dari apa yang Anda dapatkan.

3. Buat anggaran

Penganggaran adalah keterampilan hidup yang paling mudah ketika Anda memilki keuangan yang terbatas. Dengan rencana pengeluaran, Anda dapat memperkirakan berapa banyak yang dihabiskan setiap bulan dan membaginya dalam berbagai kategori.

Tujuan penganggaran adalah membiasakan diri membangun dan melacak anggaran Anda. Setelah Anda terbiasa, Anda dapat melakukannya setelah lulus perkuliahan.

4. Bangun dana darurat sederhana

Dana darurat berguna ketika Anda sedang membutuhkan banyak uang atau sedang dalam penurunan finansial. Dana ini melindungi jika harus berurusan dengan keadaan darurat dan mendesak.

Saat kuliah, tidak masalah untuk menabung dana darurat dalam angka kecil. Tapi pastikan ketika Anda semakin besar, seharusnya dana darurat tidak lagi dalam angka kecil. Jumlah potensi darurat ketika dewasa akan semakin meningkat.

3 dari 4 halaman

5. Pelajari cara investasi

Membangun kekayaan membutuhkan belajar cara berinvestasi. Ketika Anda seorang mahasiswa atau siswa, Anda harus belajar sedikit demi sedikit tentang bagaimana investasi bekerja. Cukup pelajari tentang pasar dan dampak biaya investasi Anda.

6. Bersenang-senang

Ingatlah bahwa kehidupan di perguruan tinggi adalah waktu untuk mencoba hal-hal baru karena Anda hanya memiliki sedikit tanggung jawab yang harus dipertaruhkan.

Ingatlah untuk bersenang-senang dan lulus tanpa penyesalan.

Reporter: Chrismonica

 

 

4 dari 4 halaman

Saksikan video di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
4 Jenis Investasi yang Kelihatan Hasilnya dalam Jangka Pendek
Artikel Selanjutnya
Ingin Investasikan Uang buat Masa Depan, Perhatikan Dulu 4 Hal Berikut