Sukses

Daftar 10 Negara dengan Daya Saing Terbaik di Dunia

Singapura menempati urutan pertama sebagai negara dengan daya saing nomor satu di dunia

Liputan6.com, Jakarta - Forum Ekonomi Dunia (WEF) baru saja merilis 10 negara dengan daya saing terbaik di dunia. Dalam laporanya tersebut, negeri singa tercatat menduduki peringkat pertama.

Sebagai negara paling kompetitif di dunia, apa saja yang diunggulkan dari negeri Singapura? Tercatat, Singapura ternyata unggul di 103 indikator utama.

Keunggulan itu mulai dari keterampilan digital, inflasi, hingga tarif perdagangan pada 141 negara lainnya. Di level usia harapan hidup, Singapura bahkan berada di peringkat nomor satu yakni dengan anak-anak yang baru lahir diperkirakan akan hidup sampai usia 74 tahun.

Lantas, dimana ya posisi negeri adidaya seperti Ameria Serikat? Tepat di bawah Singapura, AS tercatat menduduki posisi kedua dalam competitiveness (daya saing) di tingkat global.

Kalahnya AS dengan Singapura disebabkan salah satunya terkait kontestasi politik yaitu perang dagang antara AS-China yang berkepanjangan.

China sendiri terlampau jauh dengan AS yakni dalam posisi ke-28 dalam hal daya saing dengan skor 73,9. China juga kalah dengan Malaysia yang berada di peringkat 27.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Turun 5 Peringkat

Jika Malaysia menduduki posisi ke-27, bagaimana dengan Indonesia? Dua kali lipat jauhnya dengan China, Indonesia terhempas jauh dan berada di peringkat 50 dalam hal daya saing.

Tahun ini, Indonesia bahkan turut 5 peringkat jika dibandingkan tahun 2018 lalu. Adapun skor Indonesia berada di 64,6. Kemudian, apa yang masih kurang dari Indonesia?

Seperti sering disebutkan, RI masih tertinggal dalam hal inovasi. Meski ada peningkatan, kapasitas inovasi masih tercatat terbatas.

Positifnya, WEF menilai tingkat adopsi teknologi Indonesia tinggi. Namun, itu belum dibarengi dengan akses dimana kualitas akses masih relatif rendah.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani kerap kali mengungkapkan Indonesia memang masih tertinggal dalam hal daya saing dengan Korea Selatan maupun tetangganya yakni Malaysia.

Pengayaan teknologi dan inovasi, serta diikuti dengan perizinan investasi yang mudah menurutnya akan mengkerek posisi daya saing RI di kancah internasional.

"Kita kalah dari 2 negara seperi Korsel yang sudah sangat advance yang sudah bisa motong garis kemiskinan dan masuk higher income country. Malaysia sudah upper middle income country," ujarnya (12/9).

 

3 dari 3 halaman

Daftar 10 Negara Berdaya Saing Terbaik di Dunia

Agar lebih jelas, berikut daftar 10 negara dengan daya saing terbaik di dunia versi World Economic Forum 2019:

1. Singapura

2. Amerika Serikat

3. Hong Kong

4. Belanda

5. Swiss

6. Jepang

7. Jerman

8. Swedia

9. Britania Raya

10. Denmark

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.