Sukses

Transaksi Uang Elektronik BRIZZI Tembus Rp 5,7 T hingga Agustus 2019

Liputan6.com, Jakarta - Hingga Agustus 2019, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menyalurkan 14,9 juta kartu BRIZZI. Sedangkan nilai transaksi  uang elektronik besutan BRI tersebut mencapai Rp 5,7 triliun.

Direktur Konsumer BRI Handayani menyatakan, realisasi jumlah kartu yang telah diterbitkan dan juga nilai transaksi BRIZZI tersebut naik 62 persen dari tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, Handayani cukup optimistis target sebaran kartu bisa tercapai akhir tahun.

"Melihat pertumbuhan yang signifikan, kami optimis akhir 2019 ini akan mencapai 15 juta kartu beredar," ujarnya dalam acara peluncuran kerjasama BRI dengan Traveloka di Jakarta, Senin (07/10/2019).

Handayani juga yakin, hingga akhir tahun nanti nilai transaksi kartu BRIZZI akan mencapai Rp 6,5 triliun. Hal ini dilatarbelakangi kecenderungan masyarakat yang menggunakan uang elektronik untuk keperluan sehari-hari, seperti transportasi hingga berbelanja.

Saat ini, uang elektronik server-based memang sedang marak digunakan. Namun, Handayani menilai kartu uang elektronik memiliki beberapa kelebihan yang menarik bagi pelanggannya, misalnya memiliki edisi yang dicetak khusus untuk dijadikan souvenir bahkan digunakan sebagai kartu identitas karyawan.

"Misalnya banyak karyawan BRI yang ID cardnya bisa digunakan sekaligus sebagai uang elektronik, jadi tidak perlu repot-repot keluarin kartu lain, bagian depan memuat informasi karyawan, bagian belakangnya bisa di-tap untuk bayar transportasi dan lainnya," ungkap Handayani.

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

2 dari 3 halaman

BRI Raih Predikat Best Bank for CSR di Ajang Asiamoney Best Bank Awards 2019

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dinobatkan Asiamoney sebagai “Best Bank for CSR” di Indonesia dalam ajang Asiamoney Best Bank Awards 2019. Pencapaian ini merupakan yang kedua diraih oleh Bank BRI setelah tahun lalu juga menyabet penghargaan yang sama. Asiamoney merupakan media ternama berskala internasional yang berfokus pada perbankan, pasar modal, investasi, nilai tukar dan treasury serta pasar regional di Asia.

Melansir dari situs resmi Asiamoney, Bank BRI memperoleh penghargaan tersebut karena dinilai memiliki komitmen untuk terus menjalankan program – program CSR yang berkesinambungan. Selain itu, Bank BRI juga menjalin berbagai kerjasama dan memulai model pembiayaan untuk proyek ramah lingkungan (green business model).

Di samping menyediakan pembiayaan untuk proyek ramah lingkungan, dalam setiap proses kreditnya Bank BRI mewajibkan dokumen AMDAL serta rating biru. Hal ini selaras dengan program yang diinisiasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Bank BRI juga mendanai perusahaan yang menghasilkan energi terbarukan, seperti pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga air. Hingga akhir 2018, Bank BRI telah menyalurkan Rp 2,8 triliun ($ 197 juta) dalam pendanaan sektor energi terbarukan atau naik 81% lebih besar dari tahun 2017. Pada bulan November 2018, Bank BRI juga telah menyusun rencana aksi keuangan berkelanjutan, yang mencakup tujuan jangka pendek dan jangka panjang untuk lima tahun ke depan.

Sepanjang tahun 2019, Bank BRI telah menenerbitkan obligasi berkelanjutan serta memberikan pelatihan keuangan berkelanjutan, pendidikan untuk karyawan dan nasabah, hingga mengurangi konsumsi plastik. Salah satunya adalah penerbitan Global Sustainability Bond pertama di Indonesia sebesar USD 500 juta pada Maret 2019.

“Penerbitan obligasi dengan skema berwawasan lingkungan (green) dan sosial ini merupakan penerbitan yang memenuhi standard Sustainability Bond ASEAN dan merupakan Sustainability Bond pertama dari perusahaan BUMN maupun dari lembaga keuangan di Indonesia”, ujar Corporate Secretary Bank BRI Hari Purnomo.

“Bank BRI berkomitmen akan terus memperkuat pelaksanaan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan untuk dapat berkontribusi lebih besar terhadap Sustainable Development Goals (SDG) melalui keselarasan antara ekonomi, sosial dan lingkungan hidup,” pungkas Hari.

Informasi mengenai BANK BRI dapat diakses melalui situs www.bri.co.id

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Maling Ban Resahkan Warga Cikarang, Ini Tanggapan Polisi
Artikel Selanjutnya
Soal Kecerdasan Buatan, CEO Google: Perlu Aturan Jelas