Sukses

Menhub Usul Ada Kereta Bandara di Ibu Kota Baru

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, mengaku tengah mendesain pembangunan infrastruktur untuk transportasi penunjang Ibu Kota Baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Salah satunya yakni dengan membangun Kereta Bandara Sepinggan Balikpapan untuk ke lokasi ibu kota baru.

"KA akan bagus sekali kalau berjarak 30-40 (kilometer) sehingga kurang dari setengah jam sudah sampai ‎ bandara," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Menhub Budi menjelaskan, pembangunan infrastruktur tersebut bertujuan untuk memangkas waktu tempuh lokasi ibu kota baru menjadi sekitar setengah jam untuk jarak 30-40 kilometer (Km). Di samping itu dengan kereta bandara, waktu tempuh ke lokasi itu menjadi terukur.

Selain kereta bandara, infrastruktur jalur darat yang disiapkan pihaknya adalah Jembatan Pulau Balang yang melintasi Teluk Balikpapan, menghubungkan Penajam Paser Utara dengan Balikpapan.

 

2 dari 3 halaman

Bus Listrik

Sementara, untuk moda transportasi darat lainnya pihaknya akan mengusung konsep kendaraan bus listrik. Sehingga ini menjadi percontohan bagi beberapa daerah lainnya

"Kita ingin ibu kota negara, selain jadi contoh masa depan, kita harapkan jadi percontohan bagi kota lain," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Menhub Budi Karya Lakukan Ramp Check di Bandara Soetta
Artikel Selanjutnya
Menhub Bakal Tindak Tegas Pelaku Pungli