Sukses

12 Ribu Pengusaha Siap Berkompetisi dalam Diplomat Success Challenge

Liputan6.com, Jakarta - Kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge ke-10 tahun 2019 kembali digelar. Tercatat 12.500 pelaku usaha telah mendaftar dalam kompetisi besar besutan Wismilak Foundation ini. 

Penggagas Diplomat Success Challenge sekaligus Marketing Community & Event Manager Wismilak Edric Chandra menjelaskan, pada penyelenggaraan Diplomat Success Challenge yang ke-10 ini, jika dibandingkan dengan penerimaan proposal penyelenggaraan di 2017 dan 2018, tahun ini penerimaannya meningkat 100 persen.

"Tantangan dari kami terjawab, bahwa ternyata kaum Millenial Indonesia dan Entrepreneur Indonesia mampu #BikinGebrakan dalam perhelatan akbar ini.” tutur dia dalam keterangan tertulis, Selasa (20/8/2019).

Lebih jauh Edric menjelaskan bahwa dari seluruh proposal yang masuk, Dewan Komisioner dan Dewan Juri mengelompokkan kedalam 7 kategori bisnis yaitu Agrobisnis, Food & Beverage, Kriya & Fashion, Startup Digital, Teknologi Terapan, Services dan kategori lain-lain.

Dominasi kaum milenial dalam ajang ini begitu kuat dimana sekitar 80 persen peserta berasal dari rentang umur 20 – 35 tahun, sementara asal peserta masih didominasi oleh Pulau Jawa dan Sumatera dimana prosentasenya hingga 90 persen.

"Sekitar 9 persen peserta di bawah 20 tahun dan 3,9 persen peserta di atas umur 40 tahun terhitung ikut berpartisipasi," jelas dia. 

Kategori Startup Digital dan Teknologi mengalami peningkatan dimana tahun ini DSC menerima lebih dari 10 persen dari total proposal yang masuk.

Saya kira kenyataan ini menunjukkan bahwa peran menyeluruh dan strategis ajang kompetisi ini begitu penting dan dibutuhkan oleh para wirausahawan muda dimana mereka tidak hanya membutuhkan hibah permodalan, namun edukasi, bimbingan dan pendampingan," tambah dia.