Sukses

Jokowi: Kita Bakal Produksi Avtur Berbahan Sawit

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan Indonesia lebih maju dalam mengembangkan energi bahan bakar, diantaranya Bahan Bakar Nabati, Avtur dan kendaraan listrik.

Jokowi mengatakan, Indonesia sudah mulai dengan program pencampuran 20 persen biodiesel dengan solar (B20), akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30 persen biodiesel. Dia pun menginginkan capaian yang lebih, yaitu 100 persen bahan bakar kendaraan biodiesel (B100).

"Tapi kita bisa lebih dari itu kita bisa membuat B100," kata Jokowi, dalam pidato Sidang Bersam DPR-DPD, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Dia melanjutkan, saat ini Indoensia sudah memproduksi sendiri avtur hingga tidak impor avtur lagi. Tapi juga bisa lebih dari itu, yaitu bisa ekspor avtur dan menggunakan bahan baku Minyak sawit.

"Kita juga ingin produksi avtur berbahan sawit," tuturnya.

Selain itu, Jokowi menyebut Indonesia juga sudah mulai membuka ruang pengembangan mobil listrik, tetap tidak hanya berhenti sama disitu dia ingin Indonesia membangun industri mobil listrik sendiri.

"Tetapi kita ingin lebih dari itu (membangun industri Mobil Listrik sendiri)," tandasnya.

2 dari 4 halaman

Jokowi Minta BUMN Harus Berani Menjadi Pemain Kelas Dunia

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada BUMN untuk bisa menjadi pemain kelas dunia. Ini menjadi cara efektif dalam meningkatkan daya saing Indonesia di mata internasional.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam Pidato Kenegaraan di Gedung DPR/MPR, Jakarta.

"Pengusaha-pengusaha dan BUMN-BUMN kita harus berani menjadi pemain kelas dunia. Itu yang harus kita lakukan. Talenta-talenta kita harus memiliki reputasi yang diperhitungkan di dunia internasional itu yang harus kita siapkan. Sekali lagi kita harus semakin ekspansif, from local to global," kata Jokowi di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Sebagai negara besar di kawasan ASEAN, dan memiliki kekuatan ekonomi besar diantara negara G20, Jokowi tidak ingin Indonesia justru menjadi pasar produk dari negara-negara lain.

"Kita harus berani melakukan ekspansi tidak hanya bermain di pasar dalam negeri. Produk-produk kita harus mampu membanjiri pasar regional dan global, itu yang harus kita wujudkan," tambahnya.

Di masa kepemimpinannya hingga 2024, Jokowi mengaku masih dianugerahi bonus demografi. Untuk itu, demi mendukung daya saing Indonesia di mata internasional tersebut, peningkatan kualitas SDM menjadi fokus kepemimpinnya di periode ke-2 nantinya.

"Jika kita, kita semua, segera serius berbenah bersama, saya yakin kita akan mampu melakukan 12 lompatan-lompatan kemajuan secara signifikan," Jokowi menambahkan.

3 dari 4 halaman

Jokowi Ajak Lembaga Negara Bangun Sinergi demi Indonesia Maju

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pidato kenegaraandi Sidang Tahunan MPR 2019 yang diadakan hari ini, Jumat (16/08/2019). Dalam pidato di agenda pertama, Jokowi turut mengajak seluruh lembaga negara bekerjasama untuk selesaikan tugas sejarah bangsa.

"Saya mengajak semua Lembaga-Lembaga Negara untuk membangun sinergi yang kuat guna menyelesaikan tugas sejarah kita. Mendukung lompatan kemajuan untuk mengentaskan kemiskinan, menekan ketimpangan dan membuka lapangan kerja sebanyak-banyaknya," ujarnya di kompleks Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jumat (16/08/2019).

Dirinya ingin seluruh pihak bersatu menghadapi ancaman intoleransi, radikalisme dan terorisme. Meski terdapat banyak perbedaan, hal itu dinilainya bukan alasan untuk saling membenci, saling menghancurkan bahkan saling meniadakan.

"Jika perbedaan itu kelola dalam satu visi besar yang sama, maka akan menjadi kekuatan yang dinamis. Kekuatan untuk mencapai Indonesia Maju," lanjutnya.

Lebih lanjut, diharapkan nantinya Indonesia bisa lebih banyak lagi melahirkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang membawa kemajuan bagi bangsa.

Presiden Jokowi dijadwalkan akan berpidato 3 kali di gedung parlemen, yaitu Pidato Sidang Tahunan MPR RI, Pidato Kenegaraan dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI serta Pidato Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2020 beserta Nota Keuangannya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Replika Jokowi Bersepeda Meriahkan Perayaan HUT RI di Jerman
Artikel Selanjutnya
Jalan-Jalan Bareng Jan Ethes, Presiden Jokowi Pakai Kaos Wonderful Indonesia