Sukses

Terapkan Hal Ini saat Pulang Kantor Ternyata Menguntungkan

Mungkin tanpa Anda duga sebelumnya, melakukan ini saat pulang kantor ternyata bisa menguntungkan, lo! Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta - Pulang kantor adalah saat yang paling disukai oleh semua karyawan. Hal yang Anda tunggu-tunggu untuk bisa melepaskan rasa lelah dan penat selama seharian bekerja pun tiba.

Anda bisa memanfaatkan waktu luang Anda untuk memanjakan diri, hang out bersama teman, atau bersenang-senang dengan orang yang Anda sayangi. Tentu Anda memiliki banyak aktivitas pribadi saat pulang dari kantor.

Bahkan saat belum sampai di rumah pun Anda sudah merencanakan daftar aktivitas apa saja yang akan dilakukan. Benar, begitu?

Akan tetapi, mungkin tanpa Anda duga sebelumnya, melakukan ini saat pulang kantor ternyata bisa menguntungkan, lo! Apa sajakah itu? Simak ulasan berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Periksa E-mail Anda Kembali dan Matikan Notifikasi Gadget

Sesampainya di rumah, sebaiknya jangan langsung mandi atau berganti baju. Buka kembali laptop atau komputer maupun gadget Anda. Periksa e-mail Anda kembali, pastikan jika semua pekerjaan kantor hari itu sudah diselesaikan.

Jangan sampai ada yang terlewat. Jika tidak, bersiap-siaplah karena Anda tentu akan dihantui oleh pikiran yang tidak tenang. Berpikir bahwa masih ada tugas yang belum Anda selesaikan.

Tentu saja hal ini akan mengganggu waktu santai Anda, bukannya bersantai justru Anda akan merasa tertekan. Setelah selesai memeriksa e-mail, sebaiknya Anda mematikan semua akses pekerjaan Anda, baik itu laptop, komputer, atau gadget.

Jika Anda menginginkan waktu untuk santai, sendirian tanpa gangguan, Anda harus bisa mematikan notifikasi atau menggunakan mode silent pada smartphone Anda. Jika Anda sudah terbiasa melakukan hal ini, tentu orang terdekat Anda akan memahaminya.

Kalau memang Anda ingin membuka media sosial, tetap gunakan waktu sebaik mungkin. Jangan terlalu lama karena ini akan mengurangi waktu santai Anda.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bersihkan Diri dan Kenakan Baju yang Nyaman

Jadikan mandi sebagai rutinitas harian Anda saat Anda pulang dari kantor. Ini akan sangat membantu Anda untuk merasa lebih nyaman dan tenang.

Apalagi jika Anda menggunakan air hangat untuk menyiram tubuh Anda yang lelah setelah seharian bekerja. Ini benar-benar membuat otot Anda yang tegang terasa lemas kembali.

Setelah itu, Anda akan bisa tertidur dengan nyenyak. Apalagi jika Anda mengenakan baju yang nyaman dan lembut. Benar-benar membuat Anda lebih bersemangat untuk tidur dan bangun di keesokan hari.

3. Siapkan Semua Perlengkapan Kerja Anda

Biasakan diri untuk menyiapkan semua perlengkapan kerja di malam hari. Ini akan menghindari Anda dari gegabah terlebih lagi jika Anda harus memilah baju beberapa kali.

Sebaiknya siapkan juga semua aksesoris dan sepatu yang akan Anda kenakan besok pagi. Jangan lupa untuk menyetrika baju dan rok atau celana Anda ya.

Memilah baju terlalu lama bukan hanya tidak efisien, tapi juga membuat Anda terlambat masuk kantor. Menyiapkan semua perlengkapan di malam hari, juga membuat Anda lebih santai saat bersiap-siap di pagi hari.

3 dari 3 halaman

4. Lakukan Evaluasi Diri

Saat malam hari, waktu yang tepat untuk Anda mengevaluasi diri Anda selama seharian beraktivitas. Anda belum tahu cara mengevaluasi diri Anda?

Anda bisa melakukan hal sederhana seperti mengevaluasi apakah hari itu kamu sudah berbuat kebaikan pada orang lain? Bagaimana dengan kinerja Anda di hari tersebut? Atau bagaimana cara Anda untuk bisa meningkatkan kinerja Anda di hari esok?

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk meningkatkan kepekaan Anda dalam mengenali dan mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi. Jadi sebaiknya, lakukan evaluasi diri setiap malam secara rutin.

5. Carilah Hiburan yang Bermanfaat

Mencari hiburan tentu saja sangat perlu Anda lakukan. Namun, hiburan yang baik adalah hiburan yang memberi manfaat untuk Anda.

Jangan sia-siakan waktu Anda yang berharga dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna. Sebaiknya carilah hiburan seperti browsing tentang berita terkini, membaca buku, atau jika memungkinkan bermainlah game di smartphone Anda.

Jangan cari hiburan yang membebani pikiran Anda, apalagi berjudi online. Lakukan hal-hal yang Anda senangi. Tapi, Anda tetap harus memperhitungkan waktu untuk hiburan Anda. Jangan sampai Anda melebihi batas waktu yang sudah Anda tetapkan.

Siapkan tubuh dan pikiran Anda untuk keesokan hari, karena di kantor pasti akan ada banyak tugas yang perlu diselesaikan.

Gunakan Waktu Sebaik-baiknya

Jika Anda bisa memutar waktu, apa yang akan Anda lakukan? Tentu ada banyak hal yang ingin Anda ulang kembali bukan? Nah, oleh sebab itu gunakan waktu yang ada sebaik mungkin karena waktu tidak akan pernah kembali lagi. Jika Anda memiliki banyak waktu luang setelah pulang dari kantor, gunakan waktu Anda dengan bijak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.