Sukses

Menteri PUPR Pastikan Kesiapan Jalur Pemudik Motor

Baik jalan nasional dan jalan tol nanti sudah relatif siap untuk melayani arus mudik dan balik pada Lebaran 2019 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memperkirakan, jalan non-tol yang juga menjadi jalur alternatif mudik Lebaran nanti akan dominan dilalui pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda motor.

Dia beranggapan, baik jalan nasional dan jalan tol nanti sudah relatif siap untuk melayani arus mudik dan balik pada Lebaran 2019 ini.

"Untuk itu, kami juga berkewajiban untuk memperhatikan secara serius kondisi jalan alternatif agar tidak membahayakan pengguna kendaraan roda dua, walaupun sudah ada imbauan Kementerian Perhubungan untuk meminimalkan penggunaan sepeda motor untuk mudik," kata Menteri Basuki lewat keterangan tertulis, Senin (27/5/2019).

Salah satu bentuk peningkatan kualitas jalur mudik non-tol dilakukan di Jalan Inspeksi Kalimalang. Dari total 61,7 km, telah ditangani penuh sepanjang 46,1 km oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VI Jakarta Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga.

Sedangkan sisanya ditangani oleh Pemerintah Daerah terkait, yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

Perbaikan dilakukan sejak Sabtu (18/5/2019) hingga Minggu (26/5/2019) dengan memobilisasi truk pengangkut material batu dan pasir serta sejumlah alat berat seperti grader untuk mengerjakan penambalan lubang dan pengaspalan jalan.

Tiga titik lokasi perbaikan yakni Jalan Kalimalang di ruas Cawang-Kota Bekasi sepanjang 16,5 km, di Kabupaten Bekasi 27,9 km dan di Karawang sepanjang 1,7 km.

Pengerjaan penambalan dan pengaspalan jalan dilanjutkan pada ruas jalan Palumbonsari Karawang Barat–Mekarsari bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Karawang. Jalur ini juga sebagai jalur alternatif pemudik sepeda motor dari Karawang Barat menuju jalan nasional pada segmen Pamanukan-Cikampek.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan Pantura

Pada ruas jalan nasional dari Jakarta menuju wilayah utara (Pantura) Jawa juga telah disiapkan Kementerian PUPR. Ruas tersebut akan dipadati kendaraan dari arah timur apabila sistem one way kelak diberlakukan di jalan tol dari Cikarang hingga Brebes Barat.

Secara kesiapan, kondisi jalan nasional lintas utara Jawa sepanjang 1.341 km dalam kondisi mantap 93 persen, dan lintas tengah Jawa sepanjang 1.197 km dalam kondisi mantap 93 persen.

Sementara lintas selatan sepanjang 888 km mantap 98 persen, dan Pantai Selatan (Pansela) Jawa sudah terhubung 1.267 km dari total 1.647 km dengan kondisi mantap 83 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.