Sukses

Menhub dan Menkes Tinjau Persiapan Mudik di Bandara Soekarno Hatta

 
Liputan6.com, Tangerang - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan (Menkes) Nilla Moeloek meninjau persiapan mudik di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Minggu (26/5/2019).
 
Setibanya di Terminal 1B, rombongan langsung mengecek Posko Terpadu.  Dengan dipandu Presiden Direktur PT AP II, Muhammad Awaluddin, rombongan diberikan pemahaman mengenai sistem kontrol yang terpusat. 
 
"Sebab, tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Kami menerapkan dua posko, posko utama berada di Airport Operation Control Centre (AOCC). Sementara posko yang ada di Terminal 1 ini adalah posko terpadu," tutur Awaluddin. 
 
Meski terbagi dua, data yang terekam di masing-masing ruang kontrol adalah sama. Pergerakan berdasarkan hitungan detik, termasuk pantauan langsung ribuan titik CCTV yang langsung terhubung di dua ruang kontrol. 
 
"Begitu juga dengan data penerbangan, take off/landing, semua berdasarkan data terbaru," kata Awaluddin. 
 
 
Melihat hal tersebut, Menhub Budi Karya Sumadi mengapresiasi langkah PT Angkasa Pura II. "Kami melihat ini, Bandara Soekarno Hatta sudah mempersiapkannya dengan baik, kami apresiasi AP II," katanya. 
 
Menurutnya, dengan beroperasinya AOCC menandakan adanya mekanisme manajemen bersama stake holder yang amat baik. Sehingga, sistem kontrol yang melibatkan semua stake holder mampu berjalan baik tanpa ada hal yang terlewat. 
 
Menhub dan Menkes pun mengecek sejumlah fasilitas kesehatan yang disediakan di Bandara Soetta. Termasuk penyediaan sekitar 4 unit mobil ambulans yang disiagakan di dekat posko bantuan kesehatan. 
 
Sebelumnya, rombongan Menhub dan Menkes melakukan tinjauan di Stasiun Gambir Jakarta Pusat. (Pramita Tristiawati) 
 
 
 
 
Loading
Artikel Selanjutnya
Menhub: Mudik Tahun Ini Harus Berjalan Lancar dan Aman
Artikel Selanjutnya
Jelang Arus Mudik, Menhub Budi Karya Sidak Pelabuhan Laut di Batam