Sukses

5 Trik Sukses Berbisnis Musiman

Liputan6.com, Jakarta Mencari ide serta peluang bisnis tidaklah mudah. Kamu membutuhkan riset pasar serta menyesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Akan tetapi, terdapat salah satu bisnis yang punya peluang potensial untuk ditekuni, yaitu bisnis musiman.

Bisnis musiman merupakan suatu bisnis yang dijalankan di kurun waktu tertentu ataupun bisnis yang hanya dilakukan di bulan-bulan tertentu. Meskipun sebentar, karena momennya sangat tepat, potensi keuntungan tetap menjanjikan. Keuntungan ini didapatkan karena banyak orang memerlukan barang guna merayakan momen spesial.

Sebagai contoh, kamu bisa menjalankan bisnis cokelat saat momen Valentine, bisnis pakaian muslim menjelang hari raya Idul Fitri, ataupun bisnis jual pohon natal menjelang hari raya Natal.

Lantas, dilansir dari Swara Tunaiku, apa sajakah yang harus diperhatikan ketika ingin menjalankan bisnis musiman yang sangat menggiurkan tersebut?

1. Melakukan Riset Pasar

Setiap kegiatan bisnis pasti mempunyai tujuan. Tujuan utama dalam menjalankan bisnis adalah memperoleh banyak keuntungan.

Meskipun sudah berbisnis sesuai momen tertentu, terkadang tidak menjamin bahwa bisnis tersebut akan laris. Kamu perlu melakukan riset mengenai barang apakah yang paling sering dan banyak diperlukan oleh orang di sekitar.

Pastikan saja harga dan segmentasi pasar bisnis sesuai barang yang dijual. Janganlah ragu untuk menawarkan barang jualan dengan harga mahal jika segmennya adalah kalangan menengah ke atas.

2 dari 3 halaman

2. Melakukan Promosi dari Beragam Platform

Bisnis yang kamu jalankan juga akan lebih cepat diketahui oleh banyak orang apabila kamu melakukan promosi. Terdapat banyak tempat yang bisa dicoba untuk melakukan promosi. Cara yang termudah adalah lewat media sosial. Kamu dapat membuat akun bisnis khusus untuk rutin mengunggah berbagai konten menarik.

Kamu juga perlu membangun personal branding dengan cara mengunggah bisnismu di akun pribadi. Cara ini sangat ampuh untuk menginformasikan ke semua teman-teman dan relasimu. Infonya juga akan cepat tersiar ke lebih banyak orang. Jika masih kurang, lakukan promosi lewat banner ataupun spanduk konvensional agar promosinya komprehensif.

3. Menjaga Stok Barang agar Tidak Overload

Bisnis musiman tidak mampu bertahan lama. Kamu perlu menjaga persediaan barang agar tidak berlebihan, sehingga ketika bisnis ini mulai surut, kamu tidak perlu lagi bekerja keras menghabiskan stok barang yang masih ada.

Dengan riset pasar yang akurat, tentu kamu sudah mampu memperkirakan berapa jumlah stok barang yang harus disediakan. Alangkah baiknya, kamu rencanakan bisnis secara matang untuk menghindari spekulasi ketika membuat order persediaan barang jualan.

3 dari 3 halaman

4. Jangan Lupa untuk Berinvestasi

Ketika bisnis musiman berjalan sukses, sebaiknya kamu tidak memakai dana bisnis untuk keperluan pribadi. Kamu harus mampu memutarkan kembali dana hasil usaha dari bisnis musiman tersebut untuk menjalankan bisnis musiman berikutnya. Janganlah ragu menginvestasikan dana hasil usaha tersebut.

Kamu boleh menggunakan dana tersebut untuk mempelajari kegiatan investasi, termasuk mengikuti seminar tentang investasi dan bisnis yang mampu meningkatkan kemampuan diri. Dengan demikian, kamu bisa menjalankan investasi dengan baik di bidang bisnis yang paling sesuai dengan kemampuan dan danamu.

5. Selalu Berinovasi agar Tidak Terlambat Memulai

Bisnis musiman merupakan suatu bisnis yang punya banyak pesaing. Agar bisnismu tidak kalah saing dengan bisnis lainnya, ciptakan perbedaan atau ciri khas dibandingkan yang lainnya. Menjual barang dengan jenis sama, tapi dengan beberapa inovasi yang berbeda di beberapa hal akan menimbulkan diferensiasi produk.

Kamu bisa coba menawarkan barang dengan kemasan berbeda, cara promosinya dengan video soft selling, ataupun pelayanan customer service, tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon konsumen untuk kemudian membeli produkmu. Berbagai perbedaan unik dan menarik tersebut perlu dicoba.

Kamu juga perlu mengamati dengan jeli bagaimana peluang bisnis musiman yang bisa ditekuni. Dikarenakan bisnis musiman ini punya waktu terbatas, sebaiknya persiapkan bisnis berikutnya ketika kamu masih menjalankan bisnis musiman ini. Ide ini mampu memudahkanmu dalam mempersiapkan kelanjutan kegiatan bisnis, meskipun dengan bidang yang berbeda.

Demikianlah berbagai kiat sukses untukmu dalam menjalankan bisnis musiman agar mendapatkan keuntungan optimal. Potensinya yang besar harus dimanfaatkan dengan cara yang tepat. Kamu akan mendapatkan kesuksesan bisnis. Selamat mencoba dan semoga sukses selalu!

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bisnis Sampingan Terbaik bagi Pekerja Kantoran
Artikel Selanjutnya
5 Shio Paling Hoki Memulai Bisnis di Tahun Babi Tanah