Sukses

Injak Usia 100 Tahun Merdeka, Ini Potret Indonesia pada 2045

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah meluncurkan Visi Indonesia 2045 dalam acara Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) 2019. Dalam dokumen ini, Indonesia akan mencapai sejumlah sasaran di bidang ekonomi, teknologi, sosial dan budaya tepat saat 100 tahun Indonesia merdeka.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, pada 2045, Indonesia akan menjadi negara maju dengan Produk Domestik Bruto (PDB) terbesar ke-5 di dunia.

"Pak Presiden telah menggagas impian Indonesia 2015-2085 dalam rangka mewujudkan Indonesia berdaulat, maju adil dan makmur. Untuk menerjemahkan impian tersebut, Bappenas telah menyusun visi Indonesia 2045 khususnya menyongsong 100 tahun kemerdekaan Indonesia," ujar dia di Jakarta.

Di 2045, Indonesia akan menghadapi 10 perubahan besar di tingkat global di mana jumlah penduduk dunia diperkirakan akan mencapai 10 miliar jiwa. Di tahun yang sama, diperkirakan 71 persen dati total output dunia dikontribusi oleh negara berkembang, dengan Asia menyumbang sebesar 54 persen.

Dalam visi tersebut, Indonesia akan keluar dari perangkap pendapatan menengah (middle income trap) menjadi negara dengan pendapatan tinggi pada 2036. Selanjutnya, Indonesia akan menjadi negara maju dengan kekuatan ekonomi ke-5 terbesar di dunia pada 2045 dengan PDB sebesar USD 7,4 triliun.

Pada tahun tersebut, jumlah penduduk Indonesia diperkirakan akan mencapai 319 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, 223 juta jiwa atau sekitar 70 persen penduduk Indonesia masuk dalam kelas pendapatan menengah.

Tingkat harapan hidup penduduk Indonesia pada 2045 akan meningkat menjadi 76 tahun. Di tahun yang sama, sekitar 73 persen penduduk Indonesia akan tinggal di wilayah perkotaan.

Kemudian, tingkat kecerdasan bangsa juga akan meningkat. Jumlah mahasiswa di bidang science, technology, engineering dan mathematics mencapai 9,4 juta orang dengan jumlah lulusan sebesar 2,8 juta.

 

2 dari 5 halaman

Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Derajat kesehatan manusia Indonesia akan meningkat, ditandai dengan penurunan angka balita stunting menjadi 5 persen dan angka kematian ibu menurun dari 305 kasus per 100 ribu kelahiran hidup menjadi 61 kasus per 100 ribu kelahiran hidup di seluruh kota dan kabupaten.

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi akan didorong oleh pengeluaran R&D yang ditingkatkan dari 0,1 persen PDB pada 2013 menjadi 1,5 persen-2 persen PDB di 2045. Ini berasal dari swasta, pemerintah, pendidikan tinggi dan lembaga nonprofit.

Rasio arus masuk investasi asing atau foreign direct investment (FDI) terhadap PDB meningkat menjadi 4,5 peren terhadap PDB, serta peranan investasi terhadap PDB meningkat menjadi 38,1 persen pada 2045.

Di tahun yang sama, pangsa pasar ekspor Indonesia di pasar dunia akan meningkat menjadi 2 persen dan akan mengubah peringkat Indonesia menjadi urutan ke-10 eksportir dunia.

Pada 2045, Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi kreatif dan digital terbesar di dunia yang akan mendorong pertumbuhan dan menjadi penggerak ekonomi berbasis inovasi.

Peranan sektor industri juga akan meningkat sebanyak 26 persen di 2045, dengan adanya penggerak ekonomi berbasis sumber daya alam, integrasi rantai hulu-hilir, bagian dari rantai nilai global dan mendorong revolusi industri 4.0 yang diprioritaskan pada industri makan dan minuman, otomotif, tekstil dan pakaian jadi, kimia dan farmasi serta elektronik.

 

3 dari 5 halaman

Sektor Pariwisata

Di sektor pariwisata, pada 2045 Indonesia akan menjadi destinasi unggulan baik di regional maupun global. Arus wisatawan mancanegara pada 2045 diperkirakan akan mencapai 74 juta kunjungan. Kemudian, peran ekonomi maritim ditingkatkan dari 6,4 persen PDB menjadi 12,5 persen PDB pada tahun tersebut dengan terciptanya peradaban dan kekuatan maritim yang handal.

Di sektor pertanian, ketahanan pangan dimantapkan dengan terwujudkan swasembada karbohidrat dan protein. Produktivitas petani akan meningkat menjadi 3,9 kali lipat pad 2045.

Peningkatan pembangunan dan kualitas hidup manusia akan tercapai dengan peningkatan ketahanan air. Peranan energi baru dan terbarukan juga akan ditingkatkan demi mengamankan ketahanan energi. Sementara pengurangan emisi karbon sebesar 41 persen pada 2045 menjadi bukti komitmen Indonesia terhadap lingkungan hidup.

 

4 dari 5 halaman

Bebas Kemiskinan

Sebelum memasuki usia 100 tahun, Indonesia ditargetkan terbebas dari kemiskinan akut pada 2040, dengan kesenjangan pendapatan berada di tingkat yang ideal. Pemerataan daerah juga ditingkatkan dengan mendorong pembangunan di luar jawa. Peranan kawasan timur Indonesia akan meningkat dari 20 persen di 2015 menjadi 25 persen di 2045. Pemerataan infrastruktur akan diarahkan untuk menghubungkan Indonesia baik secara fisik maupun virtual.

Selanjutnya, penguatan reformasi birokrasi dilakukan pada seluruh sektor dan bidang. Pembangunan hukum dan pemberantasan korupsi diarahkan pada kesadaran masyarakat berbudaya hukum dan masyarakat anti korupsi.

Terakhir, Indonesia tetap akan menjalankan politik luar negeri yang bebas dan aktif di tingkat regional, OKI dan PBB. Pertahanan keamanan yang modern dengan kelengkapan alusista akan turut memajukan industri pertahanan sebagai pelaku utama global suplai chain.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Prioritas Anggaran Jokowi di 2020
Artikel Selanjutnya
Entaskan Kemiskinan, Pemerintah Siapkan Rp 157,1 triliun