Sukses

Resmikan Halal Park, Jokowi Ingin Angkat Industri Syariah RI ke Tingkat Global

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Halal Park di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan Jakarta. Kawasan ini merupakan embrio dari distrik halal yang memiliki area lebih luas dan lebih lengkap.

"‎Hari ini adalah sesuatu yang telah kita mulai, embrio dari pembangunan Halal Distrik," ujar dia di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Jokowi mengungkapkan, Distrik Halal nantinya akan memiliki luas 21 ribu meter persegi yang terdiri dari bangunan dan ruang terbuka. Proyek ini akan memakan investasi senilai Rp 250 miliar.

"Akan juga dibangun di sini, dibangun 21 ribu meter persegi, terdiri dari bangunan dan ruang. Dengan nilai investasi bangunan Rp 250 miliar, akan dikerjakan di sini," kata dia.

Menurut Jokowi, keberadaan Halal Park yang akan bertransformasi menjadi Halal Distrik nanti diharapkan menjadi tempat bagi para pelaku di industri halal untuk mengembangkan ide dan kreativitasnya. Dengan demikian, bisa menjadi salah satu motor pertumbuhan ekonomi Indonesia.

"Ini bukan barang baru, sudah kita bahas 1, 2, 3 kali dalam pertemuan di Istana. Kita manfaatkan sumber daya yang ada, BUMN, UMKM untuk mengangkat industri halal Indonesia ke tingkat dunia. Kita angkat sebagai motor pertumbuhan ekonomi, ajang kretivitas dan sebagai sumber kesejahteraan umat‎," tandas dia.

2 dari 4 halaman

Jokowi: Wisata Halal Indonesia No.1 Dunia

Sebelumnya, dalam debat capres yang berlangsung pada Sabtu kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan capres petahana menuturkan, pihaknya mempersiapkan sejumlah langkah untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah serta industri halal. Salah satunya dalam waktu dekat ini meluncurkan halal park.

Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi wisata halal Indonesia mendapatkan posisi pertama di dunia. Hal ini sebagai peluang untuk mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah apalagi Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia.

"Kita tahu Indonesia sekarang dinobatkan nomor satu untuk wisata halal,” ujar Jokowi dalam debat final, Sabtu (13/4/2019).

Ia menuturkan, Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia sehingga harus perkuat keuangan dan ekonomi syariah.

Untuk mendukung ekonomi dan keuangan syariah tersebut, pihaknya juga akan meluncurkan halal park pada pekan depan.

"Alhamdulilah membuka halal park di dekat GBK," tutur Jokowi.

Jokowi menuturkan, lewat halal park ini dapat mengenalkan produk-produk halal kepada masyarakat.

 

3 dari 4 halaman

Sukuk Terbesar

Selain itu, calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin menuturkan, hasil pembangunan keuangan syariah sudah banyak dicapai. Salah satunya Indonesia memiliki produk sukuk terbesar di dunia.

Lebih lanjut ia menuturkan, ke depan pihaknya akan mendorong untuk menciptakan perbankan dan asuransi syariah terbesar di dunia.

Tak hanya itu, Ma’ruf menuturkan, pihaknya juga akan mendorong produk hala sehingga menjadi andalan global. Salah satu untuk mempercepat hal itu dengan bentuk badan pengembangan ekonomi syariah.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Bangun Halal Park, Pemerintah Bakal Gelontorkan Rp 250 Miliar
Artikel Selanjutnya
Top 3: Deretan Zodiak Ini Jago Menggombal, Kamu Termasuk?