Sukses

Harta Merosot Rp 28,5 Triliun, Pria Ini Masih Orang Terkaya di Malaysia

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pria terkaya di Malaysia versi Forbes ternyata kehilangan puluhan triliun tahun ini. Pengurangan itu tetap tidak menggoyang posisi Robert Kuok sebagai orang terkaya di Malaysia, bahkan masih lebih kaya dari runner-up.

Menurut The Star, kekayaan Robert Kuok turun USD 2 miliar atau Rp 28,5 triliun (USD 1 = Rp 14.277). Hartanya berasal dari Kuok Group miliknya yang bergerak di sektor hotel, real estate, dan komoditas.

Forbes mencatat harta Kuok mencapai USD 12,8 miliar (Rp 182,7 triliun). Orang terkaya di negeri jiran ini juga pendiri dari hotel internasional Shangri-la pada tahun 1971 di Singapura.

Meski hartanya berkurang relatif banyak, ia masih jauh lebih kaya dari miliarder di peringkat dua, yaitu konglomerat Quek Leng Chan dengan harta USD 9,4 miliar (Rp 134,2 triliun).

Namun demikian, Quek Leng Chan terbilang lebih unggul karena meraup USD 2,2 miliar (Rp 31,4 triliun) pada tahun lalu. Bisnisnya berasal dari sektor keuangan sampai makanan.

Total orang terkaya di Malaysia yang masuk daftar Forbes tercatat ada 18 orang. Indonesia memiliki lebih banyak miliarder yang masuk Forbes dengan jumlah 21 orang.

2 dari 2 halaman

Jeff Bezos Kembali Jadi Orang Terkaya No.1 di Dunia versi Forbes

CEO Amazon Jeff Bezos masih memegang gelar orang terkaya di dunia. Harta pemilik Amazon ini ditaksir mencapai USD 131 miliar.

Menurut daftar terkaya Forbes, kekayaan Jeff Bezos naik USD 19 miliar ketimbang tahun lalu. Saham Amazon memang masih rendah dibanding puncaknya pada Agustus lalu yang mencapai USD 2.012 per lembar saham, tetapi nilai saham Amazon masih lebih tinggi ketimbang setahun lalu.

Sejauh ini, Bezos masih mempertahankan gelar orang terkaya meski kabar perceraian berpotensi mengurangi hartanya. Berdasarkan hukum negara bagian Washington, Bezos harus memberikan setengah harta yang ia hasilkan semasa pernikahan kepada sang istri.

Sampai saat ini pun kelanjutan perceraian masih belum jelas. Forbes pun memilih tetap menuliskan harta Jeff Bezos tanpa menghilangkan setengahnya.

Tahun 2018 juga penuh kontroversi bagi Jeff Bezos, mulai dari perseteruannya melawan Presiden Donald Trump, hingga muncul perkara foto panas miliknya yang jatuh ke pihak ketiga. Bezos pun sampai menyewa investigator demi mencari dalang kejadian ini.

Jeff Bezos adalah satu dari empat orang yang pernah memperoleh predikat orang terkaya dalam 20 tahun terakhir. Yang lainnya adalah Warren Buffett, Carlos Slim, dan kemudian ada Bill Gates yang berada di nomor puncak selama 12 tahun.

 

Wawancara Dirut LRT Jakarta
Loading
Artikel Selanjutnya
Korban Keracunan Limbah Kimia Bertambah, Malaysia Liburkan 111 Sekolah
Artikel Selanjutnya
Banding Ditolak, Nasib WN Vietnam Doan Thi Huong Tak Seberuntung Siti Aisyah