Sukses

2 Alasan Ekonomi Indonesia Bisa Kalahkan China di 2028

Kenapa Indonesia bisa kalahkan China dalam 1 dekade mendatang?

Liputan6.com, New York - Dalam satu dekade ke depan, ekonomi Indonesia diperkirakan akan tumbuh pesat. Negeri China yang sekarang sedang dominan pun dapat dilewat Indonesia.

Apa modal Indonesia agar dapat mengalahkan China serta Malaysia dan Turki? Jawabannya adalah sumber daya alam serta pemerintah yang mengurangi ketergantungan pada dana asing.

Dilansir Business Insider, kekuatan ekonomi Indonesia menjadi sorotan dalam studi Oxford Economics. Pada studi itu, ada 10 negara yang diproyeksikan menjadi pemain penting di ekonomi dunia dalam 10 tahun ke depan.

Indonesia berada di peringkat tiga, di atas sejumlah negara Asia Tenggara, sekaligus tepat satu peringkat di atas China.

"Negara ini siap menjadi powerhouse ekonomi pada tahun-tahun mendatang. Diberkahi dengan sumber daya alam yang berlimpah dan terus mengurangi ketergantungan dari pendanaan asing, Indonesia tampak siap menjadi pemain kunci dengan pertumbuhan 5,1 persen," tulis Oxford Economics.

Sementara itu, posisi China di bawah Indonesia akibat utangnya yang tinggi. Ekonomi China disebut akan melambat dalam 10 tahun ke depan. Tahun 2018 pun ekonomi China sudah mulai melambat.

Satu-satunya negara Asia Tenggara yang peringkatnya di atas Indonesia adalah Filipina. Potensi utama Filipina adalah tenaga kerja serta pertumbuhan ekonomi yang segera menjadi yang paling cepat di dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peraih Nobel Ekonomi 2004 Finn Erling Bicara soal Investasi Asing di RI

Peraih Nobel Ekonomi 2004, Finn Erling Kydland, angkat suara soal investasi asing di Indonesia.

Meski belakang isu investasi asing, seperti dari China, sedang menjadi polemik, tetapi Kydland mengajak memahami esensi dasar dari investasi asing.

Ia menyebut, negara dapat mengambil keuntungan dari investasi asing untuk mendanai proyek-proyek yang tidak seluruhnya bisa dilaksanakan dengan dana domestik.

"Investasi asing, secara umum, seharusnya merupakan hal yang baik. Itu adalah cara membantu ketika negara tak memiliki sumber sendiri dan dana yang cukup," ujar dia dalam konferensi pers di Universitas Binus, Jakarta Barat pada Jumat, 8 Maret 2019.

Dan hal tersebut (investasi asing), jika dilakukan dengan benar, maka dapat membantu ekonomi tumbuh lebih cepat," ucap Kydland.

Lebih lanjut, dia juga mencontohkan negaranya sendiri, Norwegia, yang pada  1920 sampai 1930-an adalah negara yang sangat miskin. 

Norwegia pun mengandalkan dana investor asing untuk membuat negaranya berkembang. Kydland berkata, Norwegia jadi tumbuh lebih cepat berkat investasi. 

Ketika ditanyakan mengenai kasus investor China, Huang Xiangmo, yang mencoba mempengaruhi politik di Australia, Kydland menyebut kasus itu berbeda, sebab tidak memberikan kontribusi apapun bagi ekonomi.

"Menggunakan uang untuk mempengaruhi politisi adalah hal berbeda. Itu sama sekali tak membantu memperkaya sebuah negara," kata dia.

Secara ekonomi, Kydland menepis anggapan, investasi asing, seperti untuk infrastruktur atau pabrik, dapat berniat jahat. Menurut dia, setiap investor pasti ingin agar proyek sukses agar mendapatkan untung.

"Sebagai investor, kamu  pasti selalu berharap mendapat untung. Kamu tak akan melakukannya kecuali yakin ada keuntungannya. Jadi saya tak dapat memikirkan contoh bahwa investasi dapat memiliki niat jahat atau buruk," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.

    ekonomi

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi

Video Terkini