Sukses

10 Ide Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Karyawan

Berikut beberapa ide usaha sampingan yang cocok untuk karyawan. Yuk cek.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi karyawan swasta dan pegawai negeri sipil (PNS) bisa menjadi kebanggaan tersendiri karena Anda akan memiliki penghasilan tetap setiap bulan hingga mendapatkan keuntungan lainnya berupa jaminan kesehatan hingga uang pesangon.

Sayangnya, penghasilan bulanan yang nominalnya tetap sama setiap bulan terkadang tidaklah mencukupi untuk menambah aset dan kekayaan.

Jika ingin menambah penghasilan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuka usaha sampingan. Akan tetapi, dengan status sebagai karyawan pastinya ruang gerak akan terbatasi karena Anda setiap hari Senin hingga Jumat harus bekerja di kantor selama delapan jam.

Dikutip dari TunaiKita, berikut beberapa ide usaha sampingan yang cocok untuk karyawan:

1. Reseller Barang Fesyen Online

Ide usaha sampingan untuk karyawan yang pertama adalah menjadi reseller barang-barang fesyen yang dijual secara online.

Dengan menjadi reseller barang fesyen online, Anda tidak membutuhkan modal karena Anda akan menjualkan barang-barang milik distributor atau orang lain.

Anda bisa memasarkan barang dagangan melalui media sosial atau memasarkannya melalui e-commerce ternama sehingga kepercayaan konsumen jadi lebih tinggi karena dana ditransfer ke rekening resmi milik e-commerce.

Update dan cek chattingan dari pembeli sebelum berangkat kerja, jam makan siang kantor, dan setelah jam pulang kerja. Dengan begitu waktu kerjamu sebagai karyawan tidak terganggu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Jual Racikan Kopi

Usaha minuman kopi memang sedang laris manis dan banyak diminati anak muda. Nah, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha sampingan untuk karyawan ini. Tidak perlu membuka kedai kopi, Anda cukup berjualan racikan kopi sendiri sehingga pembeli tinggal menyeduhnya saja.

Cobalah untuk bereksperimen untuk mendapatkan hasil racikan kopi yang enak. Kalau perlu, Anda bisa kursus barista terlebih dahulu agar memahami dengan benar cara meracik kopi mulai dari memilih biji kopi, memanggang, meracik, hingga menyeduhnya. Jual racikan kopi dalam bentuk sachet sehingga cukup untuk porsi satu orang.

3. Bisnis MLM

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) memang sempat booming beberapa tahun yang lalu. Tapi ternyata bisnis ini masih banyak peminatnya hingga sekarang karena bisa dijadikan sebagai usaha sampingan untuk karyawan.

Bisnis MLM merupakan jenis bisnis yang sistem pemasarannya menggunakan sistem berantai atau berjenjang. Jadi Anda diharuskan untuk menjual sebuah barang tertentu yang kemudian dari hasil penjualan tersebut, kamu akan diberikan komisi mulai dari 5-10 persen.

Penghasilan tidak hanya terpaku pada hasil penjualan saja, tapi juga penjualan anak buah. Di sinilah rantai MLM bekerja. Semakin banyak Anda memiliki anak buah, komisi penghasilan akan terus bertambah.

Beberapa contoh bisnis MLM ternama di Indonesia yang bisa diikuti adalah Oriflame, Tupperware, Herbalife, Sophie Martin, dan masih banyak lagi.

3 dari 6 halaman

4. Broker Properti dan Kendaraan Bermotor

Bisnis properti dan kendaraan bermotor memang sangat menjanjikan karena memiliki komisi yang lumayan besar.

Coba bayangkan kalau jatah komisi 1 persen dari harga jual properti Rp 500 juta, maka uang komisi yang bisa didapatkan adalah Rp 5 juta.

Supaya pekerjaan sebagai karyawan tidak terbengkalai, maka Anda bisa menjadi broker properti dan kendaraan bermotor secara online.

Dengan menjadi broker online, maka Anda bisa mengerjakan usaha ini dari mana saja dan kapan saja karena waktunya bisa disesuaikan di luar jam kantor.

Hubungi perusahaan properti dan showroom kendaraan bermotor untuk menjalin kerjasama sebagai agen resmi.

5. Jasa Penerjemah Freelance

Anda termasuk orang yang memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Korea, Italia, dan lain sebagainya? Manfaatkan kemampuan ini untuk membuka jasa penerjemah freelance.

Layanan penerjemah freelance ini bisa berupa translate dokumen kantor, surat kerjasama, makalah, berita, jurnal, artikel, dan lain sebagainya.

Kenakan tarif yang dihitung berdasarkan kata, misalkan saja untuk 1 lembar dengan 500 kata, tarif yang dikenakan adalah Rp 100 ribu. Kamu bisa mulai menawarkan jasa penerjemahmu ke penerbit atau situs portal berita.

4 dari 6 halaman

6. Jasa Desain Grafis

Kita dianugrahi keahlian agar bisa menjadikannya keuntungan. Jika kamu memiliki keahlian di bidang desain grafis, maka manfaatkanlah keahlian ini untuk membuka jasa desain grafis yang menerima pembuatan desain untuk logo, banner, kemasan produk, poster, kartu nama, kartu undangan pernikahan, kaos sablon, dan lain sebagainya.

Supaya Anda bisa memiliki pelanggan yang banyak, maka promosikan hasil desain Anda melalui Instagram pribadi supaya orang bisa melihat sebagus apa karya desain yang telah Anda buat.

7. Pembuatan Blog dan Website

Di era teknologi yang sudah serba canggih ini keberadaan blog dan website bukanlah hal yang asing lagi.

Penggunaan blog dan website tak hanya sebagai sarana untuk promosi perusahaan atau usaha tertentu, tapi juga untuk keperluan pribadi seperti menaruh portofolio agar bisa dilihat banyak orang.

Hal seperti ini tentunya bisa Anda gunakan sebagai peluang usaha sampingan untuk karyawan. Tidak perlu modal yang banyak, Anda cukup mengandalkan laptop atau komputer, jaringan internet, dan kemampuanmu di bidang IT.

5 dari 6 halaman

8. Rental Kamera

Berfoto tampaknya sudah menjadi hobi para generasi milenial. Sekarang kamera digital atau kamera DSLR bukan lagi milik fotografer profesional.

Dari fenomena ini, Anda bisa mengambil peluang usaha sampingan untuk karyawan dengan membuka rental kamera.

Tidak hanya kamera saja yang bisa Anda rentalkan, tapi juga peralatan fotografi lainnya, mulai dari tripod, filter, lensa, tudung, dan lain sebagainya.

Khawatir merentalkan kamera karena takut rusak? Untuk menyikapi hal ini, Anda bisa menerapkan sistem deposito sebagai jaminan.

Jadi nantinya calon peminjam harus memberikan sejumlah dana deposito terlebih dahulu. Jika nantinya ada kerusakan pada kamera atau perangkat lainnya,  Anda bisa memotong langsung biaya perbaikan dari dana deposito yang telah disetorkan tersebut. Akan tetapi, jika tidak ada kerusakan apapun, maka dana deposito akan dikembalikan 100 persen.

9. Menyewakan Perlengkapan Naik Gunung

Tidak hanya rental kamera dan peralatan penunjang fotografi saja, Anda juga bisa menyewakan perlengkapan naik gunung karena tidak semua orang memiliki peralatan naik gunung yang lengkap.

Perlengkapan gunung yang bisa disewakan mulai dari ransel gunung, jaket untuk mendaki, tenda, senter, tongkat gunung, handy talkie, sampai perlengkapan untuk memasak, seperti kompor portabel, spirtus, gas, panci, dan lain sebagainya. Untuk promosinya, kamu bisa mulai menawarkan kepada komunitas pecinta alam.

6 dari 6 halaman

10. Bisnis paket wisata

Terakhir ada usaha sampingan untuk karyawan dengan membuka bisnis paket wisata. Saat ini, bisnis travel memang sedang laris manis. Inilah yang bisa Anda lirik menjadi peluang usaha sampingan untuk karyawan.

Anda bisa mulai membuat paket wisata, baik itu dalam dan luar negeri. Supaya lebih menarik, tawarkan paket wisata untuk solo traveling, honeymoon, hingga rombongan. Jangan lupa untuk mengajak kerjasama perusahaan travel, hotel, dan juga maskapai penerbangan agar Anda bisa mendapatkan diskon atau komisi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.