Sukses

Macam-Macam Tujuan Komunikasi Bisnis untuk Kelancaran Usaha

Pelaku usaha wajib tahu nih.

Liputan6.com, Jakarta Komunikasi dalam bisnis merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk keberhasilan sebuah bisnis. Pada komunikasi yang baik, pebisnis dapat menjual produk yang dimiliki dengan lebih baik dan bisa menghindari terjadinya kesalahpahaman antar kedua belah pihak atau bahkan lebih. [bacajuga:Baca Juga](3865022 3870549)

Dalam kegiatan bisnis, terutama pemasaran, sangat dibutuhkan komunikasi yang baik yakni kepada konsumen agar produk yang dimiliki bisa diterima sepenuhnya.

Komunikasi bisnis menurut Djoko Purwanto dalam bukunya Komunikasi Bisnis, diartikan sebagai komunikasi yang dipakai di dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal guna mencapai suatu tujuan tertentu.

Komunikasi verbal yang dilakukan dalam komunikasi bisnis dapat dilakukan dengan cara lisan maupun tulisan. Bentuknya bisa berbicara dan menulis (verbal aktif) dan mendengarkan dan menulis (verbal pasif).

Sedangkan komunikasi non-verbal dalam komunikasi bisnis merupakan penyampaikan yang dilakukan tanpa menggunakan kata-kata. Misalnya seperti simbol-simbol, sandi, warna, ekspresi wajah, dan gerakan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Unsur-unsur kegiatan bisnis

Di setiap aktivitas komunikasi di dalam kegiatan bisnis, terdapat unsur-unsur tertentu. Adapun unsur-unsur komunikasi bisnis sebagai berikut:

1. Adanya tujuan, di mana dalam komunikasi bisnis, komunikasi tersebut memiliki tujuan yang telah ditentukan dan sejalan dengan tujuan organisasinya.

2. Adanya pertukaran, komunikasinya melibatkan setidaknya dua orang atau lebih (komunikator dan komunikan).

3. Berisikan informasi, gagasan, opini, instruksiIsi dari pesan yang terdapat dalam komunikasi ini bentuknya bisa beragam, tergantung situasi, kondisi, dan tujuannya. 

4. Memanfaatkan saluran personal dan impersonalKomunikasi bisnis di sini dapat dilakukan dengan bertatap muka, memanfaatkan media khusus, atau media massa jika ingin menjangkau banyak orang.

5. Menggunakan simbol atau sinyal, metode atau alat yang digunakan untuk berkomunikasi, sehingga dapat dimengerti oleh penerima pesan.

6. Pencapaian target atau tujuan organisasi, di mana tujuan ini telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

3 dari 5 halaman

Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi Bisnis

1. Persepsi

Setiap orang yang berbicara (komunikator) harus mampu melakukan prediksi bahwa apa yang disampaikan akan mudah diterima dengan jelas oleh orang yang mendengarkannya (komunikan). 

2. Kredibilitas

Pada komunikasi bisnis, komunikator harus bisa meyakinkan kepada komunikan sehingga terjalin kepercayaan antar keduanya. 

3. Kecocokan

Dengan kecocokan, kedua belah pihak akan terjalin hubungan yang lebih baik dan menyenangkan, sehingga saat berkomunikasi menjadi merasa saling percaya dan nyaman. 

4. Ketepatan

Sebelum berkomunikasi kepada komunikan, komunikator haruslah memiliki kerangka berpikir yang baik agar komunikasi nanti bisa terjalin dengan baik dan bisa disampaikan secara tepat.

5. Pengendalian

Pengendalian diri dalam komunikasi sangat penting, karena komunikasi adalah proses memberikan umpan balik atau tanggapan terhadap lawan bicara terhadap suatu ide. Selain itu, saat komunikasi berlangsung agar selalu dilakukan pengendalian tentang maksud dan tujuan utama komunikasi bisa tetap terjaga. 

4 dari 5 halaman

Fungsi Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis sangat diperlukan dalam kegiatan usaha Anda, karena fungsi dari komunikasi di dalam bisnis sendiri seperti informative, regulatory, persuasive, dan integratif.

Berikut akan dijelaskan secara singkat terkait fungsi dari komunikasi bisnis:

1. Informatif

Fungsi informatif digunakan oleh para manajer dan karyawan dalam melaksanakan tugas-tugas mereka secara efisien. Beberapa informasi yang dibutuhkan terkait dengan fungsi informative adalah hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan seperti tujuan perusahaan, prosedur, peraturan, dan lain sebagainya.

Standar kerja dan laba perusahaan serta sosio emosional perusahaan secara umum.

2. Regulatory

Komunikasi memiliki fungsi sebagai alat untuk mengendalikan dan mengatur jalannya suatu organisasi. Bentuk komunikasi ini dapat berupa perintah dan laporan.

3. Persuasif

Fungsi persuasive berlangsung saat terjadi komunikasi dan interaksi antar karyawan, dimana tujuan komunikasi tersebut adalah agar orang lain dapat menerima ide seseorang. 

4. Integratif

Integrasi yang terjadi di dalam perusahaan akan membuat perusahaan tersebut dapat beroperasi secara terpadu dan utuh. Hal tersebut hanya bisa dilakukan bila komunikasi dan koordinasi di perusahaan berjalan dengan baik.

5 dari 5 halaman

Tujuan komunikasi bisnis dalam menjalankan usaha

Setiap kegiatan tentunya memiliki tujuannya masing-masing. Begitu juga dengan komunikasi bisnis ini untuk melancarkan kegiatan usaha yang Anda lakukan. Berikut tujuan komunikasi bisnis dalam menjalankan usaha:

1. Memberikan Informasi

Tujuan komunikasi bisnis yang pertama adalah memberikan informasi. Di sini, informasi yang diberikan merupakan informasi yang ada kaitannya dengan bisnis dan disampaikan dengan cara yang benar dan tepat.

Contohnya, seorang direktur mencari kandidat untuk menjadi sekretaris baru dengan segala persyaratan yang harus dipenuhi dan dipasang di media cetak maupun online. Pemasangan iklan di media cetak dan online inilah yang dinamakan memberikan informasi dalam bisnis, yaitu informasi untuk mencari sekretaris baru.

2. Memberikan Persuasi

Tujuan komunikasi yang kedua adalah memberikan persuasi. Persuasi adalah komunikasi yang digunakan dengan tujuan untuk meyakinkan dan memengaruhi orang lain. Dalam komunikasi bisnis, persuasi banyak dilakukan terutama pada hal yang ada hubungannya dengan negosiasi bisnis.

3. Melakukan Kerja Sama

Melakukan kerja sama yang baik antar kedua belah pihak, maka untuk bisa mencapai keberhasilan dalam bisnis menjadi lebih mudah.

 

Reporter: Nisa Mutia Sari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini