Sukses

4 Cara agar Lulus Kuliah Bisa Langsung Kerja

Liputan6.com, Jakarta - Umumnya, setelah lulus kuliah ingin segera bekerja, barangkali kamu salah satunya. Mendapatkan pekerjaan yang tepat dan sesuai minat, serta menerima sejumlah penghasilan sesuai, sering menjadi bayangan ideal yang hadir di benak para lulusan baru.

Namun pada kenyataannya, sebagian besar perusahaan justru lebih menginginkan karyawan baru yang telah berpengalaman, setidaknya 1 hingga 2 tahun di bidang pekerjaan yang mereka butuhkan. Lalu, bagaimana dengan kamu yang baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman kerja sama sekali?

Menjadi lulusan baru dan belum memiliki pengalaman kerja, bukan berarti kamu tidak bisa segera mendapatkan sebuah pekerjaan dengan mudah dan cepat. Hal ini bisa saja diatasi dengan langkah yang tepat, di mana kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik sejak awal.

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja yang sebenarnya. Beberapa di antaranya bahkan bisa kamu lakukan dengan begitu mudah.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar bisa cepat langsung kerja setelah lulus kuliah.

1. Temukan Passion Kamu Sejak Awal

Menjalani sesuatu yang disukai tentu akan jauh lebih mudah dan menyenangkan, di mana kamu bisa merasa nyaman dan memiliki semangat yang tinggi untuk selalu mengerjakannya.

Inilah alasan banyak orang untuk selalu berupaya menemukan passion mereka. Pastikan kamu juga menemukan passion sejak awal, sehingga kamu lebih mudah mengarahkan minat dan juga kemampuan yang kamu miliki ke arah tersebut.

Hal ini juga akan membuatmu lebih mudah untuk memotivasi diri dan merencanakan masa depanmu dengan lebih jelas.

2 dari 3 halaman

2. Maksimalkan Aktivitas yang Berhubungan dengan Passion

Jangan hanya ditemukan saja, passion kamu juga perlu digali dan dikembangkan secara maksimal. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mencari berbagai aktivitas yang berkaitan dengan passion tersebut, terutama yang bisa mendukung perkembangan kariermu di masa yang akan datang.

Teruslah belajar dan mengembangkan diri, sehingga kamu bisa mengatasi berbagai kendala yang mungkin datang kapan saja di bidang yang digeluti. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi dan memperbaiki berbagai kekurangan kamu di bidang tersebut.

3. Rencanakan Kariermu Sejak Awal

Susun juga rencana yang tepat untuk kariermu, sehingga kamu bisa mengarahkan aktivitas apa saja yang perlu dilakukan guna meraihnya. Buatlah rencana yang matang terkait dengan kariermu di masa yang akan datang, termasuk berbagai upaya yang perlu kamu lakukan untuk menuju kesuksesan.

Kamu bisa menyusun ini sendiri dengan cara mempertimbangkan berbagai aspek yang berhubungan dengan hal tersebut. Namun jika perlu, tidak ada salahnya untuk melibatkan orang lain dan berkonsultasi dengan mereka yang sudah berpengalaman.

Diskusikan hal ini kepada orang yang sudah berpengalaman dan kamu anggap tepat, seperti orangtua, guru/dosen, ahli yang secara khusus menangani hal tersebut, dan pihak lainnya yang kamu anggap tepat.

3 dari 3 halaman

4. Siapkan Lamaran dan Juga Dirimu

Berbagai informasi lowongan kerja kerap datang dengan tiba-tiba, sebab sistem online memudahkan informasi tersampaikan dengan lebih mudah dan cepat. Artinya, kamu harus selalu siap sedia untuk melamar pekerjaan, kapan pun lowongan tersebut dibuka.

Siapkan draft CV (resume) sejak awal, agar kamu bisa melamar dengan mudah dan cepat ketika ada lowongan. Luangkan waktu untuk membuat CV yang tepat dan menarik, sehingga resume ini berkualitas dan tidak asal jadi saja.

Selain itu, pastikan kamu juga terus mengasah kemampuan dengan baik, yakni terus belajar dan belajar lagi. Hal ini penting, mengingat kamu baru akan bekerja untuk pertamakalinya.

Asah juga kemampuanmu untuk menghadapi interview dan test lainnya yang dibutuhkan dalam proses melamar pekerjaan. Semua ini akan membuat kamu lebih siap guna mendapatkan pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat.

Persiapan yang Matang dan Maksimal

Untuk kamu yang baru lulus dan akan bekerja pertama kalinya, pastikan telah memiliki persiapan yang matang dalam hal ini. Lakukan semua hal yang bisa membuatmu nyaman dan memiliki kemampuan baik dalam mendapatkan pekerjaan, sehingga kamu benar-benar siap untuk mendapatkan pekerjaan pertamamu dengan cara yang menyenangkan. Selamat mencoba!

Iriana Jokowi Bersihkan Sampah Pantai Ambon

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Trik Ampuh Bayar Uang Muka KPR
Artikel Selanjutnya
Ini Dia Plus Minus Pakai Kartu Kredit untuk Liburan, Apa Saja?