Sukses

Ada Tol Trans Jawa, Lalu Lintas Jalur Darat Naik 15 Persen

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memperkirakan akan ada kenaikan volume kendaraan jalur darat pada saat Natal dan Tahun Baru. Peningkatan ini seiring dengan beroprasinya proyek Tol Trans Jawa di Desember 2018 ini.

"Kalau saya lihat, tahun ini yang akan naik kelihatannya (jalur) darat. Karena jalan tol dari Jakarta ke Surabaya itu sudah jadi," kata Budi seperti ditulis Senin (10/12/2018).

Budi mengatakan, kenaikan volume kendaraan bisa mencapai 15 persen dengan tersambungnya tol yang menghubungkan dari Jakarta hingga Surabaya. Hal itu dikarenakan banyak masyarakat yang penasaran dan memilih jalur darat sebagai alternatif.

"Kenaikannya mungkin bisa 15 persen. Jalur itu ada yang penasaran mencoba jalan tol. Di Palembang beberap ruas sudah jadi, pasti menjadi arena pembuktian mereka, Wah enak ini jalan tol,"  kata dia.

Budi bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga akan meninjau dan memastikan Jalan Tol Jakarta-Surabaya atau Tol Trans Jawa untuk persiapan jelang Natal Tahun Baru.

"Minggu depan saya dan Pak Basuki akan mencoba jalan tol," imbuhnya.

 

 

2 dari 3 halaman

Jakarta-Banyuwangi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, sejumlah proyek infrastruktur akan diresmikan dan mulai beroperasi di akhir 2018. Dia berharap, proyek-proyek ini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2019.

Untuk infrastruktur jalan, infrastruktur yang akan tersambung adalah tol Jakarta hingga Surabaya. Sedangkan hingga Bayuwangi ditargetkan selesai di akhir di akhir 2019.

"Awal bulan depan resmikan infrastruktur yang dibangun empat tahun ini. Desember, tol Jakarta-Surabaya tersambung. Banyuwangi akhir 2019," ujar dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ojek Online Peragakan Prosedur Keselamatan ala Pramugari

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ogah Kecanduan Smartphone, Remaja AS Malah Pakai Ponsel Jadul
Artikel Selanjutnya
PSI Siap Tak Digaji, PDIP: Tidak Ada Mekanisme Itu di DPR