Sukses

3 Tips Sukses Jadi Bos Wanita di Kantor yang Didominasi Pria

Liputan6.com, Jakarta Kini zaman telah berubah, tak ada lagi anggapan bahwa pria lebih superior dibanding wanita. Termasuk dalam hal pekerjaan dan karier.

Faktanya, sekarang justru lebih banyak kesempatan yang terbuka bagi wanita untuk unjuk gigi. Mereka sudah mampu bersaing dan menjadi lebih berani.

Terhitung banyak pula para tokoh perempuan yang sukses di dunia kerjasebagai pemimpin. Salah satunya Arianna Huffington, pendiri media The Huffington Post. Pekerjaan media yang banyak didominasi oleh pria.

Hal ini membuat harapan dan semangat bahwa Anda wanita yang bekerja di tempat yang didominasi oleh banyak pria, bisa sesuksesArianna.

Ingin tahu caranya? Coba lakukan tips jitu dari Swara Tunaiku di bawah ini agar Anda bisa bekerja dengan lebih nyaman dan bahkan bisa menjadi pemimpin.

1. Percaya diri dan bertanggung jawab

Anda harus lebih percaya diri dalam setiap proyek yang sedang dikerjakan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Anda juga bisa menunjukkan keunggulan dengan mengajukan diri sebagai penanggung jawab proyek dan bertanggung jawab atas tugas-tugas yang diberikan.

Jangan sampai terdiskriminasi oleh karena banyaknya pria di sekitar Anda. Untuk bisa menjadi pribadi yang berpengaruh di tempat kerja, maka Anda harus lebih berani dan menunjukkan kesuksesan Anda dalam setiap proyek yang diberikan. Jika kinerja Anda dinilai baik dan menjanjikan, maka Anda bisa memiliki peluang untuk terpilih sebagai pemimpin.

2 dari 3 halaman

2. Aktif membangun relasi

Sebagai wanita, Anda memiliki kelebihan dalam kepekaan dan kepedulian dibandingkan dengan pria. Anda bisa memanfaatkan kelebihan tersebut untuk membangun hubungan dan kepercayaan dengan rekan kerja Anda.

Anda bisa menjadi orang yang berinisiatif ketika ada rekan kerja yang sedang sakit atau akan menikah. Tentunya dengan adanya hubungan yang akrab dan peduli dengan sesama rekan kerja, maka Anda akan lebih bisa dipercaya dan diandalkan.

Untuk bisa membangun hubungan yang akrab, Anda juga bisa memulainya dengan makan siang bersama dengan rekan kerja Anda atau ikut dalam pembicaraan mereka. Mungkin awalnya Anda akan merasa canggung, tapi lama-kelamaan Anda pasti bisa dengan mudah berbaur dengan mereka.

Anda juga bisa mengajak mereka untuk melakukan hobi bersama-sama bila memiliki hobi yang sama. Intensitas waktu dan interaksi yang lebih banyak tentu akan mendukung dan membantu Anda agar semakin akrab dan dekat dengan rekan kerja Anda.

3 dari 3 halaman

3. Bekerja dengan rapi dan detail

Lakukan pekerjaan Anda dengan rapi dan lebih tertata untuk memudahkan pekerjaan. Anda bisa memulai dengan menata rapi meja kerja dan juga menyusun data-data pekerjaan dengan tertata. Ini akan membantu dan mendukung produktivitas Anda dalam bekerja.

Anda juga harus berusaha untuk detail dan teliti dalam setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Dengan menjadi pribadi yang detail dan teliti, Anda mampu mengetahui kesalahan dalam pekerjaan Anda maupun rekan kerja Anda. Hal ini akan mendukung keberlangsungan perusahaan.

Bagaimana, siap untuk menjadi pemimpin di kantor? Anda bisa mengikuti tips-tips di atas untuk membantu bekerja di tempat yang didominasi oleh pria. Untuk memulainya, Anda harus memiliki niat dan keinginan untuk maju.

Puluhan Koki India Buat Dosa Terpanjang di Dunia

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
7 Keputusan Finansial yang Harus Diambil Setiap Perempuan
Artikel Selanjutnya
7 Trik Untung Trading Emas