Sukses

Lakukan 6 Kebiasaan Ini agar Kerja Lebih Produktif

Ingin tingkatkan produktivitas di kantor? Tanamkan 6 kebiasaan ini.

Liputan6.com, Jakarta Anda sudah memulai hari dengan pikiran yang segar dan rasa semangat untuk pergi bekerja. Namun begitu Anda duduk di kursi kantor dan mulai kerja, ada banyak hal yang mengalihkan perhatian Anda.

Pernah mengalami ini? Sepertinya sulit sekali menjaga konsentrasi di tempat kerja agar tetap produktif. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengalahkan gangguan-gangguan ini.

Kabar baiknya lagi, Anda bisa dengan mudah melakukan ini. Seperti dikutip dari Lifehack, melakukan 6 kebiasaan ini merupakan trik untuk meningkatkan produktivitas di kantor.

1. Berangkat kerja lebih awal

Telah terbukti secara ilmiah bahwa orang mencapai tingkat produktivitas maksimal mereka di pagi hari. Bekerja di pagi hari berarti pikiran masih belum banyak terganggu oleh hal-hal lain dan alhasil, Anda bisa sepenuhnya fokus pada pekerjaan Anda.

Selain itu, memulai kerja lebih pagi juga memiliki dua keuntungan lain. Pertama, rutinitas ini memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal yang paling sulit terlebih dahulu.

Kedua, Anda tidak perlu terburu-buru datang ke kantor yang nantinya malah membuat Anda lelah dan hilang fokus bahkan sebelum mulai kerja. Ditambah lagi, datang ke kantor lebih pagi berarti terhindar dari gangguan rekan kerja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hadapkan layar HP ke bawah

Jika Anda duduk di meja dan melihat layar smartphone menyala, mata Anda akan segera terarah untuk melihatnya. Anda kemudian terdorong untuk mengeceknya saat itu juga. 

Untuk mengatasi ini, Anda bisa membalikkan smartphone Anda agar layarnya menghadap ke bawah sehingga tidak terus terdorong untuk mengeceknya terus menerus. 

Anda juga bisa mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) sehingga tidak menerima banjir notifikasi. Terkesan sederhana, namun tips ini sangat efektif ketika Anda berusaha untuk fokus.

 

3. Jangan langsung cek email

Ketika baru sampai, Anda mungkin menemukan banyak email yang diterima malam sebelumnya. Coba untuk menahan diri dan tidak langsung membalasnya.

Nyatanya, membaca email di pagi hari tidak bagus produktivitas. Ini menyia-nyiakan otak Anda yang sedang pada fokus puncaknya untuk melakukan pekerjaan yang lebih proaktif. 

Ketika Anda sedang senggang, baru gunakan waktu tersebut untuk membalas email.

3 dari 3 halaman

4. Bawa headphone

Dengan membawa headphone, Anda bisa menggunakannya untuk mendengarkan buku audio atau lagu ketika lingkungan kerja Anda mengganggu fokus.

Selain itu, rekan kerja juga tidak akan mengganggu Anda saat mereka melihat headphone di telinga Anda.

5. Jadwalkan rapat di siang hari

Dengan alasan yang sama untuk tidak memeriksa email di pagi hari, coba untuk menjadwalkan rapat di siang atau sore hari, kecuali jika rapat tersebut berhubungan dengan strategi dan kreativitas.

Beberapa rapat memang harus dilakukan di pagi hari, karena terkadang itu bukan pilihan Anda. Namun sebisa mungkin, hindari mengadakan rapat di pagi hari.

6. Tidur yang cukup

Ini merupakan salah satu kebiasaan yang krusial dalam upaya mencapai produktivitas optimal. Dengan waktu tidur yang cukup, kebutuhan kafein Anda menurun, sementara ketajaman fokus Anda meningkat.

Keinginan untuk menjadi produktif pun bertambah. Faktanya, riset menyatakan dalam waktu kerja pada umumnya yaitu 8 jam, rata-rata pekerja hanya produktif dalam 2 jam dan 53 menit. Salah satu alasannya adalah rasa lelah.

Oleh karena itu, menanamkan kebiasaan tidur lebih awal menjadi senjata untuk melawan kurangnya fokus.

Pada dasarnya, Anda perlu memahami kapan Anda mencapai titik efisien terbaik dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Dengan beberapa kebiasaan kecil ini, Anda bisa meningkatkan produktivitas tanpa bergantung pada 5 gelas kopi atau bahkan lebih sehari. (Felicia Margaretha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini