Sukses

Orang Terkaya RI Raih Bonus Asian Games 2018, Berapa Persen dari Kekayaannya?

Orang terkaya di Indonesia, Bambang Hartono mendapatkan medali perunggu di cabang olahraga bridge Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Usia tak membuat orang terkaya di Indonesia, Michael Bambang Hartono yang juga orang terkaya di Indonesia jadi penghalang untuk berlaga di Asian Games 2018.

Bambang Hartono berlaga di cabang olah raga bridge dengan kategori supermix team di Asian Games 2018.

Semangatnya pun tak sia-sia. Ia mendapatkan medali perunggu dalam cabang olah raga bridge tersebut dari targetnya mendapatkan medali emas. Atlet tertua di Asian Games 2018 ini pun menjadi salah satu atlet yang mendapatkan bonus dari pemerintah.

Pemerintah membagikan bonus kepada 199 atlet tersebut melalui PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) termasuk kepada Bambang Hartono yang juga pemilik PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Bambang mendapatkan bonus sekitar Rp 150 juta.

Seperti diketahui, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk ditunjuk untuk membuka rekening dan transfer ke masing-masing rekening penerima sesuai alokasi.

Sedangkan total dana bonus atlet sekitar Rp 210 miliar itu berasal dari rekening giro satker APBN Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora).

Di media sosial pun beredar foto saat Bambang Hartono menunjukkan medali perunggu dan rekening BRI. Tampaknya bos Djarum ini juga kelihatan bahagia dan tak sungkan menunjukkan buku tabungan BRI tersebut.

Bambang juga mengapresiasi pemerintah. Hal ini karena pemberian bonus yang diberikan langsung dan cepat.

Menurut dia, hal ini dapat memacu para atlet untuk berprestasi di ajang olahraga selanjutnya.

"Luar biasa. Apresiasi dari pemerintah dan pemberiannya sangat bagus sekali. Jadi ini sangat efisien, bagus sekali," ucap Bambang Hartono di Istana Negara pada Minggu 2 September 2018.

Selain itu, Bambang menuturkan akan menyerahkan bonus Rp 150 juta untuk pengembangan cabang olahraga bridge di Indonesia.

"Kita akan mengusahakan supaya untuk pembinaan bridge kelanjutannya. Jadi dibalikin ke bridge lagi," kata Bambang Hartono 

Lalu dengan bonus Rp 150 juta yang didapatkan Bambang Hartono, berapa dari total kekayaannya?

Mengutip data Bloomberg, per 3 September 2018, kekayaan Michael Bambang Hartono mencapai USD 11,5 miliar atau sekitar Rp 171,36 triliun (asumsi kurs Rp 14.901 per dolar Amerika Serikat).

Jumlah bonus yang didapatkan Michael Bambang Hartono Rp 150 juta itu sekitar 0,0000875 persen dari total kekayaannya mencapai USD 11,5 miliar.

Mengutip laman Bloomberg, total kekayaan Bambang Hartono yang capai USD 11,5 miliar itu, sekitar 0,215 persen dari total kekayaan 500 orang terkaya di dunia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orang Terkaya RI Sumbangkan Bonus Asian Games 2018 Buat Bridge

Sebelumnya, orang terkaya di Indonesia Bambang Hartono menjadi salah satu atlet yang mendapat bonus dari pemerintah. Bersama tim, Bambang mampu meraih medali perunggu dalam cabang olahraga bridge di ajang olahraga Asian Games 2018.

Bambang mengatakan, ia tidak akan menggunakan sendiri bonus yang diberikan pemerintah tersebut. Ia memilih untuk memberikan seluruh bonusnya untuk pengembangan cabang olahraga brigde di Tanah Air.

"Kita akan mengusahakan supaya untuk pembinaan bridge kelanjutannya. Jadi dibalikin ke bridge lagi," kata Bambang Hartono di Istana Negara, Jakarta, Minggu 2 September 2018.

Bambang pun mengapresiasi langkah pemerintah yang bergerak cepat memberikan bonus bagi para atlet dan official. Khususnya, yang berhasil menyabet medali di Asian Games.

Menurutnya, hal ini dapat memacu para atlet untuk berprestasi di ajang olahraga selanjutnya.

"Luar biasa. Apresiasi dari pemerintah dan pemberiannya sangat bagus sekali. Jadi ini sangat efisien, bagus sekali," ucap Bambang Hartono.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.