Sukses

Muda dan Sukses, Jokowi Apresiasi Tiga Bos Startup Unicorn Ini

Presiden Jokowi menuturkan, tiga bos unicorn di Indonesia tersebut mampu menjual ide yang menjadi aset dan kekayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) semakin gencar mengeksplorasi perkembangan revolusi industri 4.0. Salah satu tanda era ini adalah munculnya bermacam startup (perusahaan rintisan).

Dalam sambutannya di acara tahunan Young On Top National Conference, Jokowi sempat membahas perusahaan luar negeri yang sukses dijalankan anak muda, seperti Facebook. Ia pun turut bangga berkembangnya startup di Indonesia.

Jokowi pun mengapresiasi kehadiran para startup di Indonesia yang telah masuk level Unicorn. Untuk diketahui, julukan Unicorn berarti nilai valuasi startup sudah menembus USD 1 juta. 

Di Indonesia ada beberapa Unicorn, salah satunya adalah Bukalapak. Jokowi pun kagum pada CEO para startup tersebut yang usianya masih relatif muda.

"Kita sekarang sudah memiliki  Tokopedia, Wiliam Tanuwijaya, umur berapa? 36 tahun. Masih muda sekali. Bukalapak, mas Ahmad Zaky, umur baru 32. Go-Jek. Nadiem umur baru 34, muda sekali," ucap Jokowi.

"Enggak bisa bayangin saya. Muda-muda seperti ini sudah memiliki aset dan kekayaan. Tapi yang dijual itu ide," lanjut Jokowi.

Jokowi percaya, pada dewasa ini untuk menjadi pengusaha tidak butuh lagi pabrik-pabrik besar, melainkan ide.

Sementara, untuk membangun startup sukses, para pelaku bisnis mesti jeli melihat tantangan dan peluang. Bagi Jokowi, memahami dua hal tersebut dapat membantu memperkuat bangsa.

"Sebab itu saya mengajak, saudara-saudara semua, untuk berani menentukan, berani mengambil risiko tapi dengan kalkulasi. Risiko yang tak terkalkulasi malah ngawur," ujar dia.

 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Kumpul Bersama Anak Muda di YOTNC 2018

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam acara bertajuk 'Young On Top National Conference (YOTNC)', yang diselenggarakan di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu 25 Agustus 2018.

Jokowi dijadwalkan akan membuka secara resmi acara ini. Turut hadir mendampingi Jokowi, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM, Thomas Lembong, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf.

Kehadiran Jokowi menyita perhatian dan antusiasme peserta YOTNC. Hal ini tampak dari sambutan meriah para peserta ketika Mantan Walikota Solo hadir di tempat acara.

"Telah hadir Bapak Presiden Joko Widodo," ungkap pemandu acara yang langsung disambut dengan tepuk tangan yang meriah.

Pantauan Merdeka.com, Jokowi yang tampil mengenakan baju putih tersebut juga larut dalam antusiasme peserta.

Beberapa kali Jokowi yang tampak berhenti sejenak untuk melayani permintaan peserta yang ingin berswafoto dengannya.

Untuk diketahui YOTCN merupakan kegiatan tahunan berskala nasional yang diadakan oleh PT Young On Top Inspirasi Nusantara. 

Ajang ini, merupakan wadah berbagi pengalaman antara praktisi bisnis dengan para calon pebisnis, khususnya generasi muda. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan masukan bagi generasi muda dalam meniti masa depannya.

Presiden Jokowi berpesan kepada pebisnis baru agar lebih fokus menjalankan usaha. Itu karena hal terpenting untuk kembangkan bisnis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.