Sukses

Tol Yogyakarta-Solo Dibangun Melayang, Kontruksi Mulai 2019

Pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo mulai dibangun tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo akan mulai dibangun tahun depan. Tahun ini proses tender akan dilakukan.

"Tahun depan harus sudah dibangun. Tahun ini (tol Yogyakarta-Solo) mesti ditender karena pemrakarsanya kan sudah disetujui," ujar Basuki di UGM, Minggu (12/8/2018).

Basuki menerangkan jika tol Yogyakarta-Solo nantinya akan dibuat elevated atau melayang. Keputusan memilih konsep melayang ini kata Basuki merupakan hasil kesepakatan sejumlah pihak terkait.

"Yogyakarta ini sudah sempit. Kalau pembebasan lahan tambah berapa hektare nanti tanah hilang. Ini (jalan tol Yogyakarta-Solo) dibangun di jalan nasional, di atas. Kayak di Jakarta-Cikampek," terang alumni Geologi UGM ini.

Basuki menambahkan untuk pembangunan tahap awal pihaknya akan mendahulukan pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo dibandingkan jalan tol Semarang-Bawen-Secang-Borobudur-Yogyakarta.

Pembangunan tol Semarang-Bawen-Secang-Borobudur-Yogyakarta akan menyusul setelah pembangunan jalan tol Yogyakarta-Solo dikerjakan."Belum, belum. Itu (pembangunan tol Yogyakarta-Magelang) belum," tutup Basuki.

Reporter: : Purnomo Edi

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini