Sukses

Buruan Daftar! INAPGOC Cari 8.000 Volunteer Asian Para Games 2018

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 atau Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC) membuka pendaftaran lowongan 8.000 tenaga volunteer untuk main event Asian Para Games 2018 yang akan diselenggarakan pada 6-13 Oktober di Jakarta.

Hal tersebut dibenarkan oleh Wakil Direktur 2 Legal, HR & Volunteer INAPGOC, Rezza D. Brammadita, kepada Liputan6.com, Kamis (9/8/2018), melalui pesan pendek.

"Iya benar. Jadi kita membuka pendaftaran volunteer untuk test event dan main event. Untuk test event sudah selesai. Saat ini dibuka pendaftaran volunteer untuk main event. Dibuka mulai 17 Juli-17 Agustus 2018," ujarnya.

Sementara itu, Rezza sendiri memprediksi bahwa para volunteer yang mendaftar akan berasal dari berbagai kalangan karena dibuka seluas-luasnya.

“Kami memperkirakan relawan akan datang dari kalangan mahasiswa, komunitas penyadang disabilitas, masyarakat umum, dan juga warga asing. Keterlibatan relawan dari berbagai latar belakang ini menjadi bukti kesiapan Indonesia dalam menyelenggarakan kegiatan multi sport yang inklusif,” ujar Rezza.

Lebih lanjut, dia menjelaskan dibukanya peluang untuk warga negara asing sebagai relawan karena Asian Para Games 2018 adalah kegiatan internasional sehingga perlu adanya keterlibatan relawan dari luar negeri.

"Keterlibatan sukarelawan dari berbagai latarbelakang yang berbeda itu menjadi bukti kesiapan Indonesia sebagai penyelenggara kegiatan multi-cabang olahraga yang inklusif," kata Rezza.

Melihat kesuksesan dan kemeriahan pada saat Invitational Tournament Asian Para Games 2018 kemarin, di akhir kata, Rezza kembali mengajak para remaja yang memiliki semangat menggelora untuk menjadi bagian dari volunteer.

"Ayo kembangkan dirimu bersama orang-orang hebat di sekitarmu. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari Indonesia 2018 Asian Para Games dan bagikan informasi ini ke teman-temanmu! Ayo jadi bagian dari sejarah!," tutupnya.

Untuk informasi, Asian Para Games adalah acara multi-sport event untuk atlet disabilitas, yang diselenggarakan setiap 4 tahun sekali setelah Asian Games berlangsung.

Asian Para Games yang pertama, diselenggarakan di Guangzhou, China. Dan sekarang, dengan bangga Indonesia menjadi tuan rumah untuk Asian Para Games yang ketiga.

Akan ada sekitar 8.000 volunteer yang berpartisipasi dan datang ke Jakarta untuk merayakan acara para-olahraga terbesar di Asia ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persyaratan Volunteer Asian Para Games 2018

Bagi yang berminat menjadi salah satu volunteer Asian Para Games 2018, INAPGOC menyaratkan beberapa kualifikasi umum. Mengutip Instagram Asian Para Games 2018, berikut kualifikasi umumnya:

Kualifikasi Umum:

1. Berusia 18 tahun (per Juli 2018);

2. Dapat melaksanakan volunteer sebelum, ketika, dan sesudah waktu pertandingan dan latihan;

3. Berkomitmen dan memiliki antusias yang tinggi untuk acara olahraga;

4. Menggunakan bahasa Inggris untuk mengisi form registrasi.

Persyaratan Administrasi:

Berikut beberapa persyaratan administrasi yang harus diunggah saat pendaftaran di situs web:

- Foto;

- Kartu Tanda Penduduk (KTP);

- Kartu Keluarga (KK);

- Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), diharuskan punya.

3 dari 4 halaman

Posisi/Divisi yang Disediakan

1. General Affairs

2. Sport

3. Venue

4. Classification

5. Medical and Doping Control

6. Accreditation

7. IR Protocol & Hospitality

8. Accomodation & Catering

9. Athlete Para Village

10. NPC Relations

11. Transportation

12. Arrival & Depature

13. IT & T

14. Media & PR

15. Marketing, Look & Feel

16. Broadcasting

17. Ceremonies

18. Sponsorship & Revenue

4 dari 4 halaman

Jadwal Seleksi

1. 17 Juli-17 Agustus 2018: Pendaftaran volunteer Asian Para Games 2018

2. 18 Agustus-Akhir Agustus 2018: Proses seleksi volunteer Asian Para Games 2018

3. Akhir Agustus 2018: Pengumuman hasil seleksi volunteer dan volunteer cadangan Asian Para Games 2018. Juga, penugasan volunteer ke divisi masing-masing (Pembagian divisi bagi volunteer)

4. Minggu ke-2 dan ke-3 September 2018: Pelatihan dan persiapan volunteer Asian Para Games 2018

5. 6 Oktober-13 Oktober 2018: Asian Para Games 2018 (Beberapa sukarelawan dapat ditugaskan untuk menangani beberapa tugas lebih awal dari tanggal yang telah ditetapkan. Hal ini tergantung pada posisi dan tugas yang diberikan.)

Tata Cara Pendaftaran:

Jika Anda tertarik dan memenuhi kualifikasi, silakan segera melakukan pendaftaran secara online di sini dengan mengklik Register Now. Ingat, pendaftaran hanya dibuka hingga 17 Agustus 2018.

Selamat mencoba dan semoga sukses!

Untuk informasi lebih lanjut, silakan dapat menghubungi Instagram resmi Asian Para Games 2018 di @asianpg2018 atau e-mail: volunteer@inapgoc.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini