Sukses

Pemerintah Siapkan Rumah Dinas Buat PNS Eselon I, II, dan III

Pembangunan perumahan PNS untuk memastikan kesejahteraan abdi negara, setelah pensiun.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan, pemerintah tengah fokus berencana menyediakan rumah dinas bagi pegawia negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) TNI dan Polri. Adapun aparatur negara yang akan mendapat jatah rumah dinas adala mereka dengan jabatan eselon I, II dan III.

"Bahasan tadi adalah melihat tentang konsen pemerintah dalam rangka penyediaan untuk ASN, TNI dan Polri baik rumah dinas maupun rumah hunian kepemilikan," ujarnya usai melakukan rapat koordinasi di Kementerian Koodinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Sofyan meyebut, untuk saat ini baru pemerintah seperti kementerian yang memiliki rumah dinas. Oleh karena itu, dia berencana untuk menyediakan rumah dinas bagi pejabat ASN eselon I, II, dan III yang dapat dimanfaatkan selama masa jabatannya.

"Karena rumah dinas kan sekarang ini baru ada menteri yang memiliki rumah dinas. Sedangkan pejabat eselon 1,2 dan 3 itu belum punya. Oleh karena itu sedang dipikirkan untuk membangun rumah dinas ini," imbuhnya.

Lebih jauh, Sofyan mengatakan rumah dinas tersebut menjadi penting bagi ASN. Sebab, beberapa dari ASN kerap mengalami mutasi atau perpindahan. Dengan penyediaan rumah dinas tersebut kata dia, akan sangat membantu ASN ketika harus dipindah tugaskan.

"Harus ada rumah dinas sehingga mudah dipindahkan kalau tidak berat sekali, kalau Anda harus pindah ke tempat lain dan harus beli rumah lagi, kalau mereka datang, rumah ada kan tidam masalah. Kan harus sewa rumah lagi (klo ga ada)," jelasnya.

Sementara untuk jenis modelnya sendiri, kata Menteri Sofyan, rumah dinas bagi PSN tersebut akan dibangun vertikal atau seperti apartemen. "Ke depan kota-kota besar kita dorong bangun rumah vertikal supaya lebih banyak lahan yang tersedia soalnya kan di kota-kota besar banyak yang tidak friendly tidam ada taman, tidak ada tempat bermain tapi kalau kita konsolidasi rumah ke atas bakal ada taman," tandasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Memastikan Kesejahteraan

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan segera merealisasikan pembangunan perumahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Perumahan tersebut nantinya akan dibangun di daerah-daerah tertentu dengan nama ASN City atau ASN Central.

Kita wujudkan nanti dalam bentuk perumahan yang terjangkau oleh ASN yah. Konsepnya mudah-mudahan dalam waktu dekat baru kita launching kita targetkan tahun ini," kata Menteri Asman Abnur, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, pembangunan perumahan ASN untuk memastikan kesejahteraan abdi negara, setelah pensiun. Sementara untuk jenis model perumahan yang direncanakan seperti di kota-kota besar, nantinya akan dibuat dalam bentuk vertikal atau seperti apartemen.

"Karena selama ini kita kan belum terintegrasi membangun kompleks ASN , untuk di kota-kota besar itu mungkin akan lebih kepada vertikal ya modelnya," imbuhnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.