Sukses

Mau Cepat Dapat Promosi Jabatan? Tiru 5 Cara Jitu Berikut

Berikut beberapa cara agar bisa mendapatkan promosi jabatan yang otomatis akan menaikkan gaji Anda di perusahaan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Mendapatkan promosi jabatan bukanlah hal yang mudah, karena tentu atasan akan mempertimbangkannya dengan tepat dan persaingannya juga pasti akan berat. Di sini Anda akan bersaing dengan para karyawan lainnya, sehingga Anda harus bisa berusaha lebih gigih agar bisa mendapatkan perhatian dari atasan Anda.

Ada banyak hal yang bisa membuat Anda cepat mendapatkan promosi jabatan di tempat kerja. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut beberapa cara agar bisa mendapatkan promosi jabatan yang otomatis akan menaikkan gaji Anda di perusahaan tersebut.

1. Berpikiran Terbuka (Open minded)

Jadilah pekerja yang berpikiran terbuka, artinya Anda harus bisa memosisikan diri Anda dalam berbagai situasi. Selain itu, Anda juga harus bisa memberikan respons yang baik ketika seseorang, baik itu rekan atau pun atasan sedang berbicara dengan Anda.

Orang yang berpikiran terbuka adalah mau menerima segala masukan dan informasi yang di berikan kepada Anda. Jika Anda open minded, maka orang akan jauh lebih menyukai Anda, orang akan senang kepada cara Anda berbicara dan merespons. Sehingga atasan atau bos juga akan mulai mempertimbangkan Anda untuk mendapatkan promosi jabatan yang pantas untuk Anda.

2. Komunikatif

Komunkatif adalah salah satu sifat yang sangat baik untuk dipraktikkan di kantor atau tempat kerja. Bahkan hal ini bisa menjadi salah satu cara untuk Anda bisa mendapatkan promosi jabatan di kantor. Ketika Anda menjadi orang yang pasif, maka atasan akan menganggap jika kemampuan Anda biasa saja.

Namun, jika Anda mampu untuk tampil lebih komunikatif, maka atasan dan orang lain akan menganggap jika Anda berbeda ketimbang karyawan lainnya dan memang pantas untuk mendapatkan promosi kenaikan jabatan. (Baca Juga: Tips Membangun Karier Cemerlang Berdasarkan Tipe Kepribadian)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Beretika baik

Tunjukkan etika yang baik di depan semua orang. Hal ini sangat penting dilakukan demi menjaga kenyamanan bersama. Tentu saja, etika yang baik memang harus dimiliki oleh semua orang. Jika Anda memiliki etika yang baik, maka orang akan menghargai. Lain halnya jika Anda tidak beretika dengan baik, maka Anda harus siap menerima cemohan dan diremehkan orang lain. Pastikan jika Anda selalu menjaga etika atau sopan santun di mana pun berada.

4. Bijaksana (Wise)

Jadilah orang yang dewasa dalam menghadapi segala masalah dan kondisi di sekitar Anda. Jangan terlalu mementingkan diri sendiri, pastikan jika Anda mampu bijaksana dalam segala hal. Jangan menganggap jika hal kecil tidak penting, karena sesuatu yang besar berawal dari yang kecil.

Jadilah karyawan yang memiliki pemikiran dewasa dan mampu menjadi pendengar yang baik untuk semua orang, terutama jika atasan sedang berbicara kepada Anda. Karena, bisa jadi rasa nyaman merekalah yang bisa membantu Anda untuk bisa mendapatkan jabatan atau promosi di kantor. (Baca Juga: Buat yang Ambil Kelas Karyawan, Ini Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja)

3 dari 3 halaman

5. Disiplin

Lagi-lagi, disiplin adalah hal yang tidak bisa lepas dari dunia kerja. Jadilah karyawan yang disiplin dalam menjalani mengemban tugas dan kewajiban di tempat kerja. Kedisiplinan seorang karyawan sebenarnya bisa dilihat dari hal kecil seperti bagaimana jejak rekamnya ketika datang ke kantor dan kapan dia pergi.

Untuk menjaga kedisplinan, pertama adalah Anda harus bisa datang ke kantor tepat waktu, atau jauh lebih baik jika datang ke kantor 15 menit sebelum jam kantor di mulai. Hal ini akan memberikan nilai tambah bagi nama baik Anda. Selanjutnya, kerjakan tugas dan selesaikan tepat waktu. Maka atasan akan memperhatikan Anda, dan mudah bagi dia untuk mempertimbangkan promosi jabatan bagi Anda.

Apakah Penampilan Bisa Memengaruhi Kenaikan Jabatan?

Biasanya, ketika perusahaan akan mengangkat seorang manajer, maka hal pertama yang akan di lihat adalah seperti apa wibawanya, penampilannya, dan kualitas kerjanya. Tidak mungkin perusahaan akan memberikan posisi penting kepada orang yang asal-asalan, tidak rapi, atau bahkan tidak disiplin.

Oleh karena itulah, jika Anda memang benar-benar ingin mendapatkan promosi atau kenaikan jabatan, sebaiknya perbaiki penampilan, kualitas diri, dan kualitas dalam bekerja, agar nantinya atasan bisa mempertimbangkan Anda untuk menjadi orang yang penting dalam perusahaan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.