Sukses

Bandara Ahmad Yani Semarang Bakal Didukung Jalan Bebas Hambatan

Pembangunan tol Semarang-Demak dan Kendal-Semarang nantinya juga akan meningkatkan akses yang lebih baik ke Bandara Ahmad Yani.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun jalan akses untuk mendukung operasional terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bandara bertaraf internasional perlu didukung dengan adanya akses jalan bebas hambatan yang khusus (dedicated).

"Ada usulan dari Gubernur dan Walikota untuk memanfaatkan Jalan Anjasmoro yang saat ini jalan lingkungan untuk ditingkatkan menjadi jalan akses ke terminal baru. Kita akan desain jalan khusus ke Bandara sepanjang 1,2 km dengan konstruksi elevated," ungkap dia dalam keterangan tertulis, Senin (28/5/2018).

Dia menambahkan, seluruh bandara internasional pada Kawasan Strategis Nasional (KSN) Metropolitan seperti Soekarno-Hatta di Jakarta, Juanda di Surabaya, Kualanamu di Medan, Hasanudin di Makasar, dan Ngurah Rai di Denpasar telah didukung jalan akses khusus (dedicated lane) berupa jalan bebas hambatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Tol

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto menyatakan, pembangunan tol Semarang-Demak dan Kendal-Semarang nantinya juga akan meningkatkan akses yang lebih baik ke Bandara Ahmad Yani.

Menurutnya, akses jalan yang memadai itu penting, lantaran Bandara Ahmad Yani kini memiliki terminal baru yang mampu melayani 8 juta penumpang per tahunnya.

"Bandara Ahmad Yani sebagai bandara internasional perlu didukung dengan adanya akses baik, seperti jalan arteri maupun jalan tol dengan kualitas yang bagus," tukas Arie.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.