Sukses

Penuh Sesak, Ini 7 Kota Termacet di Dunia

Dalam laporan Inrix 2017 disebutkan kalau tujuh kota di dunia ini alami kemacetan parah.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang Anda rasakan pergi ke tempat kerja pada pagi hari di Jakarta? Macet, penuh sesak, dan setiap orang berlomba-lomba berangkat lebih pagi bukan?

Namun, Jakarta bukanlah satu-satunya kota termacet di dunia. Ada kota-kota lain yang dikabarkan merupakan kota terburuk dalam hal kemacetannya di jalan. 

Melansir dari Business Insider, Senin (28/5/2018), ada tujuh kota terburuk dalam hal kemacetan di dunia. Laporan ini berasal dari data statistik Inrix 2017, yakni perusahaan yang fokus menganalisis tentang manajemen kemacetan di dunia. 

Dalam laporan itu disebutkan sekitar 50 persen waktu pengemudi atau sopir dihabiskan di jalan karena macet. Kemacetan ini menimbulkan meningkatnya biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat terutama sopir.

Berdasarkan lama USA Today, biaya dikeluarkan gara-gara macet mencapai USD 300 miliar atau sekitar Rp 4.198 triliun (asumsi kurs Rp 13.996 per dolar Amerika Serikat).

Lalu kota mana yang termasuk buruk dalam kemacetan? Berikut 7 kota termacet di dunia: 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

7 Kota Termacet di Dunia

7. London

Di London pengemudi menghabiskan waktunya sebanyak 74 jam per tahun dalam kemacetan sekaligus mencatatkan London sebagai kota kedua terpadat di Eropa. 

6. Bogota

Sekitar 30 persen pengemudi menghabiskan waktunya di jalan, terjebak macet. Meskipun begitu, persentase ini telah turun dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 32 persen. 

5. San Fransisco

Di kota ini pengemudi menghabiskan waktu sekitar 79 jam per tahun dalam kemacetan. 

4. Sao Paolo, Brazil

Sopir di Sao Paolo habiskan waktu mengemudi mencapai 22 persen di jalan. Jumlah itu sekitar 86 jam pada 2017.

3. New York

Meningkat dari tahun lalu yaitu 89 jam per tahun, kini seorang sopir di New York diketahui menghabiskan waktu sekitar 91 jam gara-gara macet.

2. Moscow, Rusia

Di Moscow seorang sopir menghabiskan rata-rata 26 persen waktu dalam perjalanan gara-gara macet.

1. Los Angeles, California

Sebagai kota nomor satu termacet di dunia, pengemudi di Los Angeles menghabiskan waktu sekitar 102 jam per tahun gara-gara macet.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.