Sukses

Cari Kerja? Ini 3 Tips Ampuh Bikin CV yang Menarik

Liputan6.com, Jakarta - Membuat daftar riwayat hidup (CV) merupakan tantangan tersendiri untuk dilakukan. Hal ini karena biasanya seseorang terjebak melebih-lebihkan diri sendiri dalam hal pengalaman yang telah dikerjakan. 

Padahal, CV merupakan komponen pertama yang akan dilihat serta penentu bagi Anda untuk kemudian dipanggil ke dalam tahap selanjutnya. Baik Anda yang berpengalaman maupun yang minim pengalaman, CV selalu bisa diakali dengan siasat dan rencana yang baik. 

Dilansir dari laman CNBC, Jumat (25/5/2018) menyarankan setidaknya CV harus dibuat dengan sederhana, tidak terlalu panjang serta menggunakan frase-frase atau kata-kata ampuh untuk menunjukan kelebihan Anda. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya: 

1. Perhatikan Penggunaan Kata

Seorang penasihat karir Marc Cenedella menyebutkan CV harus dibuat dari perspektif perusahaan yang Anda lamar. Ia mengungkapkan kesalahan yang dibuat orang umum ialah terlalu dominan menceritakan diri Anda di CV. 

"CV Anda adalah iklan yang ditujukan pada Bos masa depan Anda. Jadi jelas harus dibuat menarik bagi mereka untuk dilihat," tuturnya. 

Cenedella menyatakan salah satu cara membuat bos tertarik dengan Anda ialah dengan pemilihan kata-kata yang menarik untuk kemudian dicatutkan dalam CV Anda kemudian. 

"Cara sukses lainnya ialah dengan kata-kata yang memancing seperti achieved, delivered, gained, dan juga exceeded. Ini lebih dilihat daripada Anda memilih kata managed untuk digunakan disana. 

 

 

 

2 dari 3 halaman

2. Jangan terlalu panjang

Cenedella juga menyebutkan, CV sebaiknya dibuat agar tidak terlalu panjang. CV yang dibuat berlembar-lembar akan cenderung diabaikan karena dipandang terlau bertele-tele. 

Ia menyatakan rata-rata HRD setidaknya menghabiskan waktu sekitar 6 detik untuk melihat secara cepat setiap CV yang masuk kepada perusahaan. Hal ini tentu dibutuhkan keahlian khusus bagi Anda untuk membuatnya sedemikian menarik untuk dilihat.  

"Tujuanya ialah bagaimana membuat Anda cocok dengan kultur perusahaan yang dicari, bukan menceritakan kehidupan Anda yang panjang itu. Maksimalkan hanya 2 halaman saja jika Anda perlu membuatnya lebih dari satu," ungkapnya. 

 

 

 

3 dari 3 halaman

3. Buat sederhana

Tantangan lainnya membuat CV ialah bagaimana menjadikan riwayat hidup Anda tersebut menarik tanpa melupakan unsur informatif serta relevansi pekerjaan yang Anda lamar tersebut. 

Bagi profesional atau yang sudah memiliki banyak pengalaman berkarier, membuat CV anda poin demi poin merupakan cara ampuh untuk menjadikan CV Anda enak dilihat serta sederhana. 

Sementara untuk mahasiswa yang baru lulus dan minim pengalaman, Anda bisa menyiasatinya dengan menuliskan pengalaman grup-grup sosial yang dapat mendemonstrasikan kemampuan Anda. 

"CV harus dibuat menarik, relevan, serta informatif," tandas dia.