Sukses

Pelindo I Gelar Mudik Gratis untuk 4.750 Peserta, Minat?

Pelindo I menyiapkan 12 kapal laut yang disiapkan untuk melayani rute mudik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I menggelar program mudik gratis bagi 4.750 peserta melalui 11 rute mudik yang akan dilayani dengan moda darat dan laut.

Program mudik gratis ini juga bertujuan untuk mengalihkan pemudik yang biasa menggunakan sepeda motor ke moda transportasi dengan menggunakan bus dan kapal laut sehingga diharapkan mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas jalan selama masa mudik Lebaran.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan Pelindo I dapat mendaftar di masing-masing Kantor Cabang Pelindo I di kota keberangkatan.

Pendaftaran program mudik gratis dengan hanya membawa fotokopi Kartu Keluarga, KTP atau identitas diri lainnya yang masih berlaku sesuai dengan identitas peserta yang akan berangkat. Pendaftaran mudik gratis ini sendiri dibuka mulai 14 Mei – 3 Juni 2018.

"Tahun ini, Pelindo I telah menyiapkan 45 bus pariwisata dan 12 kapal laut untuk melayani program mudik gratis dengan target peserta sebanyak 4.750 orang atau meningkat dibanding tahun lalu yang hanya sebesar 2.150 orang," ujar Corporate Secretary Pelindo 1, M. Eriansyah kepada wartawan, Jumat (18/5/2018).

12 kapal laut yang disiapkan oleh Pelindo I. Kapal itu akan melayani rute mudik via laut yaitu rute Pelabuhan Tanjung Pinang menuju Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Dumai, Tanjung Samak dengan jadwal keberangkatan 11 Juni.

Kemudian rute Pelabuhan Kijang menuju Pulau Tujuh (Anambas, Tarempa, Midai, Natuna) dengan keberangkatan pada 11 Juni, dan rute Batam menuju Belawan sebanyak dua kali pelayaran dengan jadwal keberangkatan 9 dan 11 Juni. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Mudik

Sementara rute mudik menggunakan moda darat yaitu bus terbagi menjadi sejumlah keberangkatan yaitu keberangkatan pada 11 Juni untuk rute Perawang – Padang, Perawang – Medan, Pekanbaru – Medan, Pekanbaru – Padang, Kandis – Medan, Dumai - Medan.

Untuk keberangkatan pada 10 Juni untuk rute Medan – Aceh, keberangkatan 10 Juni untuk rute Medan – Tapanuli Selatan dan Medan – Tapanuli Tengah. Masing-masing rute menggunakan moda darat akan dilayani oleh lima bus kecuali rute Dumai – Medan yang dilayani oleh 10 bus. 

"Faktor keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi pemudik menjadi prioritas sehingga kami pastikan semua transportasi yang digunakan untuk program mudik ini telah memenuhi syarat, laik jalan dan dilengkapi alat keselamatan,"  ujar dia.

Selain itu, masing-masing peserta mudik juga akan mendapatkan snack saat keberangkatan, topi dan kaos, serta di-cover dengan asuransi perjalanan. 

Perseroan berharap dengan layanan mudik gratis ini, masyarakat dapat menikmati berkah Lebaran bersama keluarga sekaligus akan semakin mencintai dan merasakan manfaat yang diberikan oleh Pelindo 1. (Yas)

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.