Sukses

Mudik Gratis Kapal Ro-Ro Masih Sepi Peminat

Setiap kapal yang disediakan, mampu mengangkut penumpang sebanyak 2.000 orang dengan kapasitas kendaraan bermotor mencapai 1.000 kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih membuka pendaftaran mudik gratis dengan menggunakan kapal Ro-Ro. Sebelumnya, mudik gratis menggunakan bus telah ditutup setelah quota terpenuhi.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, Kementerian Perhubungan menyediakan tiga kapal Ro-Ro untuk mengangkut penumpang ke beberapa rute yaitu Jakarta -Semarang, Jakarta-Lampung dan Jakarta-Surabaya.

"Kita sediakan kapal Ro-Ro untuk mudik gratis, ini masig banyak kuotanya, belum banyak terisi, baru 30 persen," kata Budi di kantornya, Selasa (15/5/2018).

Setiap kapal yang disediakan, mampu mengangkut penumpang sebanyak 2.000 orang dengan kapasitas kendaraan bermotor mencapai 1.000 kendaraan. Dengan demikian total kapasitas kapal yang disediakan sebanyK 6.000 orang dan 3.000 motor.

Banyak keunggulan yang ditawarkan untuk mudik dengan menggunakan kapal Ro-ro ini. Selain bisa menikmati suasana yang berbeda dalam perjalanan, pemudik juga bebas dari macet. Mengenai pendaftarannya bisa dilakukan di kantor Kemenhub atau bisa mengunjungi situs Kementerian Perhubungan.

"Jadi memang biasanya pemudik mulai mendaftar yang via laut setelah yang darat seperti kereta api dan bus sudah habis," tambahnya.

Untuk itu, pihaknya terus mensosisalisasikan mudik menggunakan kapal Ro-ro ini. Mulai dari di pusat-pusat perbelanjaan hingga ke kompleks-kompleks industri.

"Kita akan terus bangun image kalau mudik itu menggunakan angkutan umum, tidak menggunakan sepeda motor, karena itu bahaya untuk keselamatan," tutupnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tambah Kuota

Sebelumnya, PT KAI (Persero) menambah kuota angkutan motor dalam program mudik gratis Lebaran 2018. Jika sebelumnya, KAI hanya menyediakan jatah 18 ribu unit sepeda motor, kini ditambah menjadi 19.300 unit.

Executive Vice President PT KAI Daop 1 Jakarta, R Dadan Rudiansyah mengatakan sejauh ini animo masyarakat untuk ikut dalam program ini masih sangat besar. Terbukti, kuota 18 ribu unit sepeda motor yang bisa diangkut secara gratis dengan kereta api sudah hampir habis.‎

"Animonya jauh lebih besar untuk motor di program mudik gratis. Dari kemarin yang kita rencanakan hanya 18 ribu, ini sudah hampir habis," ujar dia pada  9 Mei 2018.

Melihat hal tersebut, lanjut Dadan, KAI bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutuskan untuk menambah kuota angkut sepeda motor gratis lebih dari 1.000 unit. Dengan demikian diharapkan dapat membantu menekan penggunaan sepeda motor untuk mudik Lebaran.

‎"Kemarin kita kerja sama dengan Ditjen Kereta Api, kita tambah kuota sekitar 1.000 lebih motor untuk mudik gratis sehingga jumlahnya sekitar 19.300-an," tandas dia. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.