Sukses

Pelindo IV Genjot Ekonomi Indonesia Timur Lewat Direct Call dan Direct Export

Direct call dan direct export memang intens dilakukan Perseroan, melalui beberapa pelabuhan besar di KTI.

Liputan6.com, Jakarta PT Pelindo IV (Persero) mendukung pembangunan konektivitas laut di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan implementasi direct call dan direct export ke luar negeri. Langkah ini dilakukan lewat kerjasama dengan perusahaan pelayaran internasional asal Hongkong, SITC.

Direct call dan direct export memang intens dilakukan Perseroan, melalui beberapa pelabuhan besar di KTI. Pelabuhan dimaksud di antaranya Pelabuhan Makassar, Pelabuhan Pantoloan, Pelabuhan Ambon, Pelabuhan Balikpapan dan Pelabuhan Jayapura.

"Direct call dan direct export langsung manfaatnya banyak. Kedua kegiatan itu harus ada di Indonesia Timur karena selama ini selalu terpusat di Jakarta dan Surabaya. Sehingga perekonomian daerah di Indonesia Timur bisa meningkat hingga memberi kesejahteraan bagi masyarakat luas," kata Direktur Fasilitas dan Peralatan Pelabuhan PT Pelindo IV, Farid Padang kepada wartawan, Jumat (4/5/2018).

Farid mencontohkan, Maluku yang merupakan lumbung ikan. Sebanyak 30 persen ikan yang diekspor Indonesia berasal dari wilayah tersebut. Namun kekayaan laut Maluku tidak bisa berkontribusi maksimal terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu karena ikan yang diambil dari laut Maluku dibawa terlebih dulu ke Surabaya atau Jakarta, barulah kemudian masuk ke pasar ekspor.

"Jadi pajak ekspor tidak didapat oleh Pemda Maluku, melainkan oleh Pemda dimana proses eskpor dilakukan. Nah untuk itu, BUMN hadir berperan membantu Pemerintah mewujudkan pemerataan," ungkap dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pangkas Waktu dan Biaya Logistik

Jika berkaca pada hasil implementasi International Direct Call di Makassar, Pelindo IV terbukti mampu mengurangi waktu ekspor ke China menjadi hanya 16 hari dari semula 24 hari. Demikian pula ekspor ke Jepang turun menjadi 18 hari dari semula 28 hari. Sementara ke Korea menjadi 17 hari dari semula 26 hari.

Efisiensi waktu yang signifikan tersebut didapat karena dengan direct call, tidak ada lagi proses dwelling time yang biasanya memakan waktu 5 hingga 9 hari.

Bahkan biaya per kontainer pun berkurang drastis, dari semula mencapai Rp 4.095.600 per kontainer menjadi hanya Rp 792 ribu per kontainer.

Hal serupa terjadi untuk direct call di Balikpapan. Lama waktu ekspor ke Shanghai, China terpangkas menjadi 9 hari dari semula mencapai 25 hingga 30 hari. Biaya logistik pun bisa hemat sekitar USD 300 hingga USD 500 per kontainer.

"Daya saing produk pun akan meningkat, misalnya seperti ikan beku jauh lebih segar bila lewat jalur direct call karena waktunya lebih singkat. Sehingga sampai di Negara tujuan kualitas ikan masih bagus, harga pun tinggi. Tentunya ini akan memberikan multiplier effect bagi Kawan Timur Indonesia (KTI)," Farid mengakhiri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini