Sukses

Milenial Tidak Setia pada Pekerjaan, Berapa Lama Bertahan hingga Resign?

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani dunia karier tentu tidak akan sama antara satu dengan yang lainnya. Beberapa orang bahkan bisa menemukan karier impian lebih cepat dibandingkan yang lain.

Sedangkan sisanya butuh waktu yang lama untuk mengetahui dan mengenali apa yang menjadi pilihan karier bagi hidupnya. Namun, berapa lamakah waktu ideal bagi Anda untuk setia pada perusahaan?

Managing Director Robert Walters untuk Indonesia menyarankan setidaknya 2 tahun bagi para pekerja atau karyawan untuk belajar dan menyerap ilmu baru dalam berkarier.

"Anda tidak bisa terus-menerus pindah perusahaan dan mengejar apa yang Anda inginkan. Hal ini tidak akan membawa manfaat apapun bagi diri Anda sendiri," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com seperti ditulis Jumat (20/4/2018).

"Untuk teman-teman yang baru memulai karier, cobalah untuk tetap setia bekerja selama 2 tahun. 2 tahun adalah waktu yang minimal, jika kurang dari itu, Anda tidak akan mendapatkan keahlian dan kecakapan yang nyata, 2 tahun ialah periode yang singkat," tambah Raj.

Manager Accounting and Finance Robert Walters untuk Indonesia Karina Saridewi menyebutkan, fenomena karyawan yang sering berpindah-pindah perusahaan tidak baik jika dilihat dari perspektif global.

"Karyawan yang sering berpindah-pindah merupakan salah satu indikator bahwa kita kekurangan bakat yang baik. Perusahaan ingin mencari bakat terutama bagi para milenial," ujarnya.

"Saya sarankan bagi yang suka berpindah-pindah tersebut, Anda tidak bisa pindah setiap tahun, ini juga tidak baik bagi CV Anda. Dari perspektif global ini juga buruk dan menyayangkan hal ini bisa terjadi," tutur Karina.

Selanjutnya, Raj menyarankan bagi para rekruter atau pimpinan perusahaan untuk menghindari karyawan yang seperti ini.

"Jangan pernah mengambil kandidat yang sering lompat-lompat perusahaan, karena Anda hanya akan menggaji mereka sedangkan keahliannya tidak memenuhi standar yang ada," tandas Raj.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

8 Tips Cepat Naik Jabatan

Tahukah Anda kebiasaan apa yang dapat membantu untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dalam karier?

1. Ungkapkan Mimpi Anda

Sebelum memulai berkarier, cobalah mengkomunikasikan pada atasan atau bos Anda terkait apa tujuan dalam pekerjaan tersebut. Apa yang anda lihat dalam rentang waktu tertentu, serta apa yang ingin ada kembangkan.

"Sebagai manager, saya selalu bertanya pada karyawan saya seperti apa yang kau lihat dalam dirimu di 5 tahun mendatang? Karena jika saya dapat membantunya, tentu akan saya lakukan. Baik melalui proyek-proyek tertentu hingga tugas-tugas lainnya," ujar Kontributor Muse, Katie Douthwaite.

2. Bekerja Bersama

Atasan tidak menyukai pekerja atau karyawan yang hanya fokus pada dirinya saja, namun bagaimana melihat orang lain untuk mencapai tujuan bersama demi kebaikan perusahaan.

Karyawan yang baik selalu inisiatif sebelum mereka diminta untuk melakukanya.

3. Jadikan Diri Anda Tak Terlupakan

Buatlah diri Anda penting untuk pekerjaan di kantor. Hal ini seperti memiliki kemampuan khusus pada bidang tertentu. Antara lain seperti mendesain penjualan yang dinamis.

Dengan pekerjaan tersebut, anda akan selalu dianggap penting karena dipandang berbakat dibanding lainnya.

4. Teruslah Belajar

Tunjukan pada pimpinan bahwa Anda memiliki keinginan yang besar untuk terus belajar. Ini bisa melalui les tertentu tiap bulan, kunjungan konferensi, atau meminta proyek-proyek yang bisa kerjakan di luar departemen Anda.

Ini menunjukan bahwa Anda serius dalam perkembangan karier ke depan.

3 dari 3 halaman

5. Dokumentasikan Pencapaian Anda

Berusahalah untuk terus mendokumentasikan setiap kesuksesan Anda di kantor.

"Teruslah menyimpan pencapaian yang dapat membangun citra perusahaan lebih baik. Ini menunjukan kesetian Anda pada perusahaan," tutur Randall Hansen.

6. Tunjukan Potensi Kepemimpinan

Tunjukanlah citra kepemimpinan yang baik pada perusahaan. Pemimpin perlu menjadi teladan atau contoh bagi pekerja lain. Hal ini akan membantu anda untuk cepat dapat promosi karier.

7. Berteman Baik

Manfaatkanlah hubungan yang Anda miliki di kantor atau hubungan baru dengan orang-orang di luar kantor. Berusahalah aktif dalam membantu rekan-rekan tersebut. Ini akan mendatangkan banyak kesempatan yang baik bagi karier Anda.

8. Konsisten Terlibat

Berusahalah untuk terus fokus memperhatikan dan terlibat aktif dalam banyak kesempatan pertemuan di kantor, baik meeting atau agenda-agenda lainnya. Ini menunjukan komitmen Anda pada perusahaan dan kepedulian pada rekan kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.