Sukses

6 Tips Jitu Hemat Biaya Internet jika Mau Liburan ke Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta - Liburan ke luar negeri membutuhkan banyak persiapan. Tidak hanya mempersiapkan tiket pesawat, pemesanan hotel, atau uang saku, tapi juga kuota internet agar Anda selalu terhubung di mana pun berada. Hal yang tidak kalah penting, yaitu agar selalu update di media sosial.

Dengan begitu, orang lain tahu di mana posisi Anda berada. Mengandalkan internet gratis atau Wi-Fi selama traveling itu tidak mungkin. Meskipun 80 persen area di luar negeri dilengkapi Wi-Fi, Anda tetap butuh kuota internet untuk berjaga-jaga.

Jika area tersebut tidak dilengkapi Wi-Fi, Anda punya senjata andalan agar tetap terhubung ke internet. Akan tetapi, pemakaian kuota internet secara terus-menerus bikin boros. Pengeluaran selama di luar negeri jadinya makin bertambah. Untuk menghindari ini, lakukan tips-tips berikut yang dikutip dari Cermati.com.

1. Nonaktifkan Roaming Data

Setelah menginjakkan kaki di luar negeri, segera nonaktifkan roaming data Anda. Jika roaming data masih aktif, Anda akan dikenakan biaya tambahan di negara tujuan karena dianggap menumpang di jaringan lain. Tarif roaming yang dikenakan cukup mahal, tergantung kecepatan internet di negara yang bersangkutan.

Cara mematikan roaming data cukup mudah. Anda dapat pergi ke menu Pengaturan > Seluler > Pengaturan Data Seluler > Matikan Data Roaming (geser tombol ke sebelah kiri). Cara lainnya dengan mengaktifkan menu airplane agar untuk memutuskan sambungan ke internet.

Simak video pilihan di bawah ini:

2 dari 4 halaman

2. Pasang dan Beli SIM Card di Negara yang Dikunjungi

Kuota internet yang Anda beli hanya bisa dipakai di negara yang Anda kunjungi. Itulah mengapa SIM card yang Anda beli hanya boleh dipasang di negara yang Anda kunjungi.

Ada satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang SIM card, yaitu mempertimbangkan lama tidaknya Anda tinggal di luar negeri. Jika Anda tinggal 2-3 minggu, lebih baik beli SIM card di negara yang Anda kunjungi karena harganya tentu lebih murah

3 dari 4 halaman

3. Bawa Kartu SIM Cadangan

Saat Anda traveling ke luar negeri, jangan lupa membawa kartu SIM cadangan. Saat kuota SIM card lama habis, Anda dapat menggantinya dengan yang baru agar tetap terhubung ke internet. Jumlah SIM card yang dibawa sebaiknya menyesuaikan dengan lama waktu traveling.

4. Gunakan Kuota Internet Sebaik Mungkin

Kuota yang digunakan untuk roaming atau jelajah internasional jauh lebih boros dibanding internet biasa. Agar kuota internet tetap awet, gunakan internet hanya saat diperlukan.

Jika Anda menemukan koneksi Wi-Fi, matikan koneksi data internet pribadi agar tidak boros. Hal yang sama juga perlu Anda lakukan saat internet tidak digunakan.

 

4 dari 4 halaman

5. Sewa Modem

Sewa modem ialah opsi lain yang dapat Anda lakukan agar tetap terhubung ke internet. Sesampainya di luar negeri, Anda dapat menyewa router mini yang banyak disediakan toko elektronik. Biayanya juga sangat terjangkau, apalagi jika Anda ingin berada selama lebih dari sebulan di luar negeri.

6. Hindari Penggunaan Aplikasi yang Boros Paket Data

Ada beberapa aplikasi yang perlu terhubung dengan internet yang memakan paket data dalam jumlah banyak. Selama berada di luar negeri, ada baiknya aplikasi-aplikasi tersebut yang terpasang di smartphone Anda dimatikan.

Gunakan aplikasi-aplikasi yang penting saja. Misalnya, aplikasi yang digunakan untuk komunikasi, seperti Whatsapp atau email. Seba aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk komunikasi selain penting kegunaannya juga tidak boros paket data. (Baca Juga: Kenapa Bicarakan soal Keuangan pada Orangtua itu Penting?)

Tetap Eksis Saat Berkunjung ke Luar Negeri

Kendala “biaya internet mahal” tidak lagi terjadi jika Anda tahu tips jitu untuk menghemat biaya internet saat traveling. Dengan tips-tips di atas, Anda dapat memakin paket data dengan hemat. Dengan begitu, pengeluaran Anda selama di luar negeri tidak bertambah banyak.