Sukses

6 Syarat jika Ingin Ajukan Kredit Modal Usaha di Bank

Liputan6.com, Jakarta - Ketika ingin membuka usaha, hal pertama yang mungkin Anda pikirkan adalah bagaimana mendapatkan modalnya. Modal usaha tersebut bisa didapatkan dari tabungan pribadi, menggadaikan barang atau aset, hingga meminjam dana di bank. Meminjam dana di bank bisa menjadi solusi alternatif untuk mendapatkan dana demi membangun usaha yang diinginkan.

Saat ini mayoritas bank memang memfasilitasi pinjaman dana untuk nasabahnya. Ada yang memberikan persyaratan jaminan, tapi ada pula yang memberikan dana tanpa jaminan. Namun, di luar dari adanya jaminan atau tidak, tentunya ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi.

Syarat ini sebenarnya bukan untuk mempersulit nasabah, melainkan memastikan jika Anda sanggup untuk mengangsur dan melunasi dana pinjaman hingga selesai. Bagi Anda yang berencana untuk mengajukan pinjaman modal usaha di bank, pastikan hal-hal berikut ini sudah Anda penuhi, seperti yang dikutip dari Cermati.com:

1. Siapkan Berkas-Berkas Mengenai Identitas Diri

Persyaratan umum dan wajib dipenuhi ketika ingin mengajukan pinjaman adalah fotokopi KTP atau Kartu Tanda Penduduk. Hal ini dibutuhkan untuk melengkapi persyaratan dalam bentuk pengajuan apa pun, termasuk meminjam dana di bank.

Identitas diri ini harus sesuai dengan alamat tinggal saat ini. Jika berbeda, Anda harus mencatumkan surat keterangan dari pihak kelurahan yang ada di wilayah Anda. Jika sudah menikah, perlu cantumkan KTP Anda beserta istri/suami sehingga nantinya pihak bank mengetahui jika pengajuan tersebut memang diketahui kedua belah pihak. (Baca Juga: WhatsApp Business, Aplikasi yang Tepat untuk Para Pebisnis)

2 dari 4 halaman

2. Akta Nikah (Jika Sudah Menikah)

Jika Anda sudah menikah, wajib untuk mencatumkan fotokopi akta nikah yang membuktikan jika harta tersebut milik bersama. Tentu saja harta bersama ini harus diketahui kedua belah pihak, yaitu suami dan istri.

Hal ini dikarenakan jika terdapat masalah yang berkaitan dengan pinjaman dana bank, nantinya konfimasi dapat berjalan dengan lancar.

3. Fotokopi KK atau Kartu Keluarga

Persyaratan lainnya yang perlu dilengkapi adalah fotokopi kartu keluarga (KK). Syarat ini diperlukan pihak bank untuk mengetahui seberapa banyak beban atau anggota keluarga yang menjadi tanggungan Anda.

Dengan adanya fotokopi KK, pihak bank bisa memperkirakan kesanggupan Anda dalam membayar tagihan bulanan. Jika anggota keluarga Anda terlampau banyak, pihak bank bisa saja ragu untuk memberikan pinjaman dana karena kemungkinan Anda bisa keberatan saat melunasi tagihan pinjaman ke bank.

3 dari 4 halaman

4. Fotokopi Buku Tabungan

Buku tabungan ini nantinya akan memperlihatkan kondisi finansial Anda. Biasanya yang diperlukan adalah mutasi buku tabungan dalam jangka waktu tiga bulan terakhir. Dengan begitu, nantinya kemampuan finansial Anda dapat terlihat dengan jelas.

Besaran saldo yang ada dalam rekening tabungan nantinya dapat menandakan kesanggupan Anda dalam mengganti pinjaman yang sudah dianjukan ke pihak bank. Hal ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi saat akan mengajukan pinjaman modal usaha di bank.

Karena itu, pastikan jika saldo tabungan yang Anda miliki lebih dari cukup untuk dapat meminjam dana ke bank.

5. Slip Gaji

Persyaratan yang satu ini sangat dipertimbangkan pihak bank kepada Anda sebagai calon peminjam dana. Adanya slip gaji ini nantinya akan mempermudah pihak bank untuk bisa memberikan keputusan mengenai pinjaman dana yang Anda ajukan.

Jika Anda mengajukan pinjaman dana yang cukup besar, tapi nominal pendapatan Anda sedang-sedang saja, kemungkinan pengajuan pinjaman dana tersebut diterima sangat kecil.  

4 dari 4 halaman

6. Bukti Memiliki Tanggungan dan Cicilan

Pengajuan pinjaman dana ke pihak bank pastinya akan mudah diterima bank jika Anda telah lolos persyaratan-persyaratan yang diberikan pihak bank tanpa adanya cicilan di luar pinjaman yang sudah Anda ajukan. Berbeda jika Anda masih memiliki cicilan, tagihan, utang kredit, atau lainnya yang belum selesai, hal ini mungkin mempersulit Anda dalam mengajukan pinjaman.

Karena itu, sebelum mengajukan pinjaman, akan lebih baik kalau Anda menyelesaikan permasalahan tagihan yang dimiliki terlebih dahulu. Pihak bank tentunya tidak akan mengambil risiko untuk meminjamkan dana kepada Anda jika Anda masih memiliki tagihan-tagihan yang belum selesai.  

Buat Pihak Bank Menaruh Kepercayaan Kepada Anda

Prinsip dasar dalam dunia perbankan adalah kepercayaan. Karena itu, jika Anda ingin mengajukan pinjaman kepada pihak bank, ketahuilah dulu persyaratan yang harus Anda penuhi.

Kepercayaan dapat dimulai dari melengkapi syarat-syarat secara akurat dan lengkap ketika mengajukan pinjaman ke bank. Ikuti segala proses dengan jujur sehingga pinjaman Anda dapat disetujui dengan mudah.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Dahsyat Dapatkan Modal Usaha dalam Sekejap
Artikel Selanjutnya
5 Tips Memilih Kartu Kredit yang Cocok buat Berbisnis