Sukses

MUFG Selesaikan Pembelian Saham Bank Danamon Tahap I

Liputan6.com, Jakarta - The Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ Ltd (MUFG) merealisasikan pembelian saham PT Bank Danamon Tbk (BDMN) pada tahap pertama sebesar 19,9 persen.

Mengutip keterbukaan informasi yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Rabu (10/1/2018), MUFG membeli 19,99 persen dari jumlah saham yang ditempatkan di PT Bank Danamon Tbk atau sekitar 1,90 miliar saham.

Harga pembelian saham Rp 8.323 per saham. Nilai transaksi pembelian saham Bank Danamon Rp 15,87 triliun pada tahap I.

Takayoshi Futae, CEO Headquarters for Asia and Oceania MUFG menuturkan, pihaknya menggunakan dana untuk pelunasan transaksi pada tahap I tidak berasal dari pinjaman dan fasilitas dalam bentuk apapun dari Danamon dan pihak lain di Indonesia.

"Dan dana itu tidak berasal dari dan untuk tujuan pencucian uang," ujar dia.

Pada penutupan perdagangan saham, Selasa 9 Januari 2018, saham PT Bank Danamon Tbk turun 1,06 persen ke posisi Rp 7.000 per saham. Total frekuensi perdagangan saham sekitar 1.474 kali. Nilai transaksi Rp 37 miliar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

MFUG Bakal Beli Saham Bank Danamon dalam 3 Tahap

Sebelumnya, MUFG akan mengambil keseluruhan atau 73,8 persen dari total saham yang sudah diterbitkan Bank Danamon. Investasi tersebut akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

Di tahap I, MUFG akan membeli 19,9 persen dari total saham Danamon yang sudah diterbitkan dengan harga Rp 8.323 per saham. Harga saham untuk Tahap 1 didasarkan pada Kuartal III 2017 price-to-book ratio dua, dengan memberlakukan penyesuaian tertentu.

"Setelah penyelesaian, pada tahap II MUFG akan membeli tambahan 20,1 persen saham dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon, dengan tunduk pada persetujuan regulator dan pihak lainnya yang relevan," kata dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu 27 Desember 2017.

Setelah diselesaikannya Tahap II, MUFG bermaksud mendapatkan persetujuan-persetujuan yang diperlukan untuk meningkatkan kepemilikannya di Danamon di atas 40 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon (Tahap 3).

Hal ini akan memberikan kesempatan bagi pemegang saham Danamon lainnya untuk tetap menjadi pemegang saham atau menerima uang tunai dari MUFG.

"Dengan dilaksanakannya Tahap II, kepemilikan MUFG dalam Danamon diharapkan akan menjadi lebih dari 73,8 persen dari total saham yang sudah diterbitkan oleh Danamon," ucap dia.

Harga pembelian saham Danamon dalam Tahap II dan Tahap III akan memakai pendekatan yang mirip dengan Tahap I. Tidak ada jaminan bahwa harga pembelian saham Bank Danamon di Tahap II dan Tahap III akan lebih tinggi, lebih rendah atau sama dengan harga dalam tahap sebelumnya. Harga ini akan diungkapkan pada waktu yang tepat.

Artikel Selanjutnya
Tower Bersama Beli 19,79 Persen Saham Gihon Telekomunikasi, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Intip Rencana Penggabungan Saham Bakrie and Brothers